Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Analisis Kepercayaan Konsumen Pada Situs Jual Beli Online OLX (Studi di Kota Bandung)

Analysis of Consumer's Trust in Online Buying and Selling Sites OLX (Study in Bandung City)

Tugas Akhir, 038 / 2019 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 08:59:45
Oleh : Aria Surya Putra - 165211040 (aria.surya.abs16@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file

Keyword : E-commerce, Kepercayaan, Konsumen, OLX, Dimensi
Subjek : E-commerce, Trust, Consumer, OLX, Dimension

Dewasa ini, bisnis e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan sangat pesat. Salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yaitu OLX. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, OLX mengalami penurunan pengunjung serta mendapatkan keuntungan yang tidak menggembirakan. Hal ini disebabkan karena maraknya kasus penipuan yang terjadi di OLX, kualitas website OLX yang buruk, kurang amannya saat bertransaksi dan banyaknya penjual fiktif. Hal ini menyebabkan berkurangnya kepercayaan masyarakat pada OLX. Padahal, faktor kepercayaan merupakan hal penting dalam transaksi online. Penelitian ini berjudul analisis kepercayaan konsumen pada situs jual beli online OLX di Kota Bandung. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang pernah membeli di situs OLX dalam 3 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan variabel kepercayaan konsumen di Kota Bandung berada pada kategori sedang. Pada penelitian ini, dimensi tertinggi adalah pengakuan dari pihak ketiga yang berada pada kategori tinggi. Sedangkan dimensi kepercayaan terendah adalah kemampuan alami untuk mempercayai berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa tingginya kepercayaan konsumen dapat dilihat dari pengakuan dari pihak ketiga. Kata Kunci: E-commerce, Kepercayaan, Konsumen, OLX, Dimensi.

Deskripsi Alternatif :

Today, e-commerce businesses in Indonesia are experiencing very rapid growth. One of the largest e-commerce companies in Indonesia, OLX. In the past 5 years, OLX has experienced a decline in visitors and has made unfortunate profits. This is due to the proliferation of fraud cases that occur on OLX, the poor quality of OLX websites, insecurity when transacting and the number of fictitious sellers. This results in reduced public confidence in OLX. In fact, trust factors are important in online transactions. This study entitled analysis of consumer's trust on OLX online buying and selling sites in the city of Bandung. The number of respondents in this study were 100 people who had bought on the OLX site in the last 3 months. This study uses descriptive analysis. The results of the study state that the variable consumer confidence in Bandung is in the medium category. In this study, the highest dimension is the dimensions of recognition from third parties that show high value. While the lowest confidence dimension is the Natural Propensity to Trust in the medium category. It can be concluded that high consumer trust can be seen from the third party recognition. Keywords: E-commerce, Trust, Consumer, OLX, Dimension.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sholihati Amalia, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Download...