Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Komputer dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika > REGULER > 2016
Sistem Informasi Pengadaan Alat Studi Kasus: Politeknik Negeri Bandung
Information System Procurement of Equipment Case Study: Politeknik Negeri Bandung
Tugas Akhir, 001 / 2016 / JTKUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-05-31 09:56:59
Oleh : Arif Rahman Hakim - 131511005, Muhamad Rizal - 131511017, Pradnia Rizky Amelia - 131511021 (arif.rahman.tifd13@polban.ac.id)
Dibuat : 2017-05-26, dengan 4 file
Keyword : pengadaan, usulan pengadaan, dokumen pengadaan, sistem informasi pengadaan alat
Subjek : procurement, procurement proposal, procurement document, system procurement of equipment
Tugas Akhir ini berkaitan dengan pembuatan Sistem Informasi Pengadaan Alat berbasis web dengan studi kasus Politeknik Negeri Bandung. Proses pengadaan alat di Politeknik Negeri Bandung sudah berjalan dengan baik namun masih memiliki permasalahan-permasalahan yang seringkali menghambat, diantaranya: sulitnya memantau progress pengadaan; seringkali terjadi keterlambatan penanganan dalam menindaklanjuti dokumen pengadaan dikarenakan pihak yang bersangkutan tidak langsung merespon dokumen pengadaan yang telah dikirimkan; revisi terkait isi dokumen pengadaan tidak terdokumentasi dengan baik; tidak adanya keterangan pada dokumen pengadaan terkait kebutuhan akan tenaga ahli pada usulan pengadaan tertentu. Maka dari itu dibuat aplikasi yang dapat membantu kegiatan pengadaan di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), aplikasi ini memiliki fitur untuk melakukan pencatatan pada setiap proses pengadaan diantaranya pencatatan pagu, usulan pengadaan, harga perikraan sendiri (HPS), hasil lelang, kontrak pengadaan, penerimaan dan pemeriksaan alat, pencatatan nomor inventaris alat. Selain melakukan pencatatan aplikasi ini juga dapat melakukan tracking posisi tahap pengadaan terhadap alat yang diajukan oleh pihak jurusan, memfasilitasi pencatatan revisi isi dokumen pengadaan, memfasilitasi penambahan keterangan akan kebutuhan tenaga ahli, serta dapat memberikan notifikasi dan reminder melalui SMS. Aplikasi tersebut telah selesai dibuat dan diuji coba. Hasil uji coba menunjukan bahwa secara umum permasalahan dapat diatasi. Namun demikian, aplikasi ini juga belum dapat menangani kondisi-kondisi anomali yang mungkin terjadi pada proses pengadaan dan belum terintegrasinya data seperti data pegawai, data alat, dan data tenaga ahli dengan data yang ada di pada POLBAN, dan keterangan akan tenaga ahli belum spesifik dan detail. Kedepannya disarankan agar pada aplikasi ditambahkan fitur untuk menangani kondisi-kondisi anomali dan mengintegrasikan data dengan data yang ada pada POLBAN dan keterangan akan tenaga ahli yang belum spesifik dan detail. Kata kunci: pengadaan, usulan pengadaan, dokumen pengadaan, sistem informasi pengadaan alat.
Deskripsi Alternatif :This Final Project relates with the development of Web-based Information System Procurement of equipment with Politeknik Negeri Bandung case studies. The procurement tool process in Politeknik Negeri Bandung has been ran well but still have the problems that often hamper, which includes: the difficulty of monitoring the progress of procurement; often there is a delay in following up the handling of procurement documents because the parties concerned did not directly respond to the procurement documents that have been submitted; contents revision of the procurement documents are not well documented; the absence of information on the procurement documents related to the need for experts on specific procurement proposals. Therefore in this Final Project, developed an application that can help procurement activities in Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). This application's features are keeping records on any procurement process includes the recording of maximum budgets, the proposed procurement, owner's estimate price (HPS), auction's results, procurement contracts, receipts and inspection tools, recording tool inventory number. In addition to the recording, this application can also tracking the procurement phase position of the tool proposed by the majors, facilitates the recording of the contents of the revised procurement documents, facilitates the addition of information about the needs of experts, and provides notifications and reminders via SMS. The application has been completed and tested. The test result showed that in general the problem can be solved. However, this application has not been able to handle anomaly conditions that may occur in the procurement process and not yet integrated data such as employee data, tool data, and data experts with existing data on POLBAN, and additional information of experts has not yet specific and detail. In the future development of application, it is suggested to add features to manage anomaly conditions, integrates data with existing data on POLBAN, and add specific and details information of experts. Keywords: procurement, procurement proposal, procurement document, system procurement of equipment.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Fitri Diani, S.Si., M.T.
Pembimbing 2: Dra. Tati Susilawati, M.T., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 131511005, 131511017, 131511021.pdf
(633826 bytes)
File : BAB 1 - 131511005, 131511017, 131511021.pdf
(243397 bytes)
File : BAB 2 - 131511005, 131511017, 131511021.pdf
(201520 bytes)
File : BAB 7 - 131511005, 131511017, 131511021.pdf
(209255 bytes)