Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Kualitas Website pada E-Commerce (Studi pada Pengguna Bukalapak di Kota Bandung)

Analysis of Website Quality on E-Commerce ( Study on Bukalapak Users in Bandung)

Tugas Akhir, 030 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-29 14:17:20
Oleh : Asri Andayani - 175211033 (asri.andayani.abs17@polban.ac.id )
Dibuat : 2022-03-29, dengan 4 file

Keyword : website quality, e-commerce, online shopping
Subjek : kualitas website, e-commerce, belanja online

Transaksi online atau biasa disebut e-commerce sudah menjadi kegiatan yang tidak asing lagi bagi masyarakat saat ini. Bukalapak adalah perusahaan yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi online. Namun pada kuartal ke-4 2018 hingga kuartal ke-4 2019, Bukalapak mengalami penurunan jumlah pengunjung. Berdasarkan penurunan jumlah kunjungan di atas, diduga terdapat masalah pada Bukalapak Indonesia yang berdampak pada penggunanya. Keluhan yang dirasakan konsumen antara lain adanya kebocoran data pribadi dari pengguna Bukalapak, barang tidak sesuai dengan detail produk yang dijelaskan di website, penipuan dari penjual Bukalapak, barang yang dipesan oleh konsumen tidak diproses, banyak penjual yang tidak aktif, customer service kurang tanggap dalam melayani komplain dari konsumen dan customer service kurang solutif dalam memberikan solusi apabila ada masalah yang terjadi pada konsumen, sistem web masih sering error, konsumen kesulitan saat akan melakukan refund, display (desain) membuat konsumen merasa tidak nyaman, konsumen kesulitan saat akan melakukan registrasi akun baru, serta kesulitan dalam melakukan pengembalian/ klaim. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kualitas web yang digunakan Bukalapak. Kualitas web dapat diukur dengan menggunakan 3 dimensi menurut Barnes & Vidgen (2003) yaitu usability, information quality dan service interaction quality. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan melibatkan 100 responden yang merupakan pengguna Bukalapak di Kota Bandung. Data primer diperoleh dari pengisian kuesioner dan wawancara tidak terstruktur, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dengan menggunakan IBM SPSS 17.0 diketahui bahwa kualitas web Bukalapak pada penelitian ini berada pada kategori cukup. Dimensi dengan nilai tertinggi adalah dimensi kegunaan, sedangkan dimensi dengan nilai terendah adalah dimensi kualitas interaksi layanan.

Deskripsi Alternatif :

Online transactions or so-called e-commerce have become activities that are not foreign to society today. Bukalapak is a company that brings together sellers and buyers to make online transactions. However, in the 4th quarter of 2018 to the 4th quarter of 2019, Bukalapak experienced a decrease in the number of visitors. Based on the decrease in the number of visits above, it is suspected that there is a problem with Bukalapak Indonesia which affects its users. The complaints felt by consumers include the leakage of personal data from Bukalapak users, goods not in accordance with product details described on the website, fraud from Bukalapak sellers, goods that have been ordered by consumers not being processed, many sellers who are not active in their stall accounts, customer service not responsive in serving complaints from consumers and customer service is not solutive in providing solutions if there are problems that occur to consumers, the web system is still often error, consumers have difficulty when going to do a refund, display (design) makes consumers feel uncomfortable, consumers have difficulty when going to registering a new account, as well as the difficulty of making returns / claims. Based on these problems, a study was conducted which aims to determine the quality of the web used by Bukalapak. Web quality can be measured using 3 dimensions according to Barnes & Vidgen (2003), namely usability, informatiob quality and service interaction quality. This study used a descriptive research method and involved 100 respondents who were users of Bukalapak in the city of Bandung. Primary data were obtained from filling out questionnaires and unstructured interviews, while secondary data were obtained from literature studies. Based on the results of descriptive statistical analysis using IBM SPSS 17.0, it is known that the quality of the Bukalapak web in this study is in the sufficient category. The dimension with the highest value is the usability dimension, while the dimension with the lowest value is the service interaction quality dimension.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Marwansyah, S.E., M.Si., Ph.D., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...