Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Pengaruh Perceived Value Spotify Premium Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Di Wilayah Bandung Raya)
The Influence Of Perceived Value Spotify Premium On Customer Satisfaction (Study On College Students In Bandung Raya Area)
Skripsi, 006 / 2019 / BAUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-01-03 09:38:11
Oleh : Auliana Febriani - 155254007 (auliana.febriani@gmail.com)
Dibuat : 2020-01-03, dengan 4 file
Keyword : kepuasan pelanggan, perceived value, Spotify
Subjek : customer satisfaction, perceived value, Spotify
Perkembangan teknologi menyebabkan konsumsi dan pendistribusian musik menjadi digital. Sayangnya format musik digital menyebabkan banyaknya pembajakan musik secara illegal yang menyebabkan penurunan pendapatan CD sebesar 10-30%. Spotify merupakan salah satu layanan penyedia streaming musik legal dengan layanan gratis dan berbayar. Saat ini layanan Spotify masih di dominasi oleh pengguna layanan gratis dari pada layanan berbayar, sedangkan sebagian besar pendapatan Spotify bergantung pada pengguna berbayar. Pengguna merasa bahwa nilai yang diberikan oleh layanan gratis lebih tinggi karena tidak mengeluarkan pengorbanan apapun. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan kepada pengguna premium yang sudah merasakan pertukaran antara manfaat dan pengorbanan yang dikeluarkan, untuk mengetahui pengaruh perceived value Spotify Premium terhadap kepuasan pelanggan. Perceived value merupakan selisih antara manfaat yang dirasakan oleh pelanggan dengan pengorbanan yang dilakukan untuk mendapatkan produk atau layanan. Semakin tinggi perceived value yang dirasakan maka tingkat kepuasan pelanggan akan semakin bertambah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini 133 responden yang merupakan mahasiswa di wilayah Bandung Raya yang masih dan pernah menggunakan Spotify Premium. Hasil penelitian menunjukkan perceived value berada dalam kategori sangat tinggi, dimensi harga berada dalam kategori tinggi, dimensi sosial berada dalam kategori cukup. Kepuasan pelanggan dalam penelitian ini berada dalam kategori tinggi. Penelitian ini menunjukkan bahwa perceived value berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 49,6%. Spotify disarankan untuk terus meningkatkan perceived value Spotify Premium, selain itu untuk meningkatkan dimensi sosial, Spotify disarankan untuk melakukan pengembangan untuk menghubungkan akun premium ke sosial media. Kata kunci: kepuasan pelanggan, perceived value, Spotify.
Deskripsi Alternatif :Technological developments have led to digital consumption and distribution of music. Unfortunately the digital music format causes a lot of illegal music piracy which causes a decrease in CD revenue by 10-30%. Spotify is a legal music streaming service provider with free and paid services. Currently the Spotify service is still dominated by users of free services rather than paid services, while a large portion of Spotify's revenue depends on paid users. Users feel that the value provided by free services is higher because they do not issue any sacrifices. Therefore this research was conducted to premium users who already felt the exchange between benefits and sacrifices incurred, to determine the effect of Spotify Premium perceived value on customer satisfaction. Perceived value is the difference between the benefits felt by the customer and the sacrifices made to get the product or service. The higher perceived value will increase the level of customer satisfaction. This study uses descriptive quantitative methods. The number of respondents in this study were 133 respondents who were students in the Bandung Raya area who were still and had used Spotify Premium. The results show that perceived value is in a very high category, the price dimension is in the high category, the social dimension is in the sufficient category. Customer satisfaction in this study is in the high category. This study shows that the perceived value affects customer satisfaction by 49.6%. Spotify is recommended to continue to improve Spotify Premium's perceived value, in addition to increasing social dimensions, Spotify is advised to develop to connect premium accounts to social media. Keywords: customer satisfaction, perceived value, Spotify.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Ermina Tiorida, S.E., M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 155254007.pdf
(625501 bytes)
File : BAB 1 - 155254007.pdf
(249308 bytes)
File : BAB 2 - 155254007.pdf
(289716 bytes)
File : BAB 5 - 155254007.pdf
(92152 bytes)