Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Teknik Sipil > Prodi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2013 > REGULER

Perencanaan Ulang Detailed Engineering Design (DED) Untuk Perkerasan Kaku Proyek Jalan Lingkar Nagreg Sta 2+675-Sta 4+225

Redesign Of A Detailed Engineering Design (DED) For Rigid Pavement On Nagreg Ring Road Sta 2+675-Sta 4+225

Tugas Akhir, 004 /2013 / TPJJ
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:55
Oleh : Aulia Rahadian Saputra - 07104001 (aulia18saputra@gmail.com)
Dibuat : 2015-06-30, dengan 4 file

Keyword : Perkerasan Kaku, Perencanaan Drainase, Perencanaan Geometrik, Jalan Lingkar Nagreg
Subjek : Rigid pavement, Drainage system design, Geometric design, Nagreg Ring Road

Ruas jalan Lingkar Nagreg merupakan jalan provinsi yang menghubungkan antara Bandung dengan Tasikmalaya dan Garut yang merupakan rangkaian jalur lintas selatan Jawa. Setelah dibangunnya jalan Lingkar Nagrek diharapkan dapat menjadi solusi terhadap permasalahan lalu lintas di wilayah Jawa Barat. Perencanaan jalan ini meliputi perencanaan geometrik, perencanaan perkerasan kaku, perencanaan drainase, perencanaan bangunan pelengkap jalan dan perhitungan rencana anggaran biaya. Pada perencanaan perkerasan kaku digunakan metoda AASHTO 1993, lalu untuk merencanakan dimensi saluran samping menggunakan metode Departemen Pekerjaan Umum Pd. T-02-2006, dan Perencanaan bangunan pelengkap jalan berupa lampu penerang jalan mengacu pada SNI 7391:2008, bangunan pengaman tepi mengacu pada SNI 03-2446-1991, rambu jalan menggunakan metode Bina Marga NO. 01/P/BNKT/1991, marka jalan menggunakan metode Bina Marga NO : 012/S/BNKT/1990 dan analisis rencana anggaran biaya (RAB) menggunakan metode Bina Marga tahun 2010. Setelah dilakukan analisa data, perencanaan perkerasan dengan panjang jalan dari Sta 2+675 s.d Sta 4+225 dengan lebar jalan 7 meter diperoleh tebal pelat beton 11 inc (27,94 cm), dengan beton kurus (lean concrete) setebal 10 cm. saluran samping diperoleh dimensi 0,8 x 1,40 m. Biaya yang diperlukan untuk pembangunan jalan Lingkar Nagreg ini sebesar Rp 61.074.800.000.000 Kata kunci : Perkerasan Kaku, Perencanaan Drainase, Perencanaan Geometrik, Jalan Lingkar Nagreg

Deskripsi Alternatif :

Nagreg Ring Road is a province road connected Bandung to Tasikmalaya and Garut, which crosses the Southern part of Java. The construction of this road was expected to be the solution of the traffic problem in West Java. This road planning covered geometric, rigid pavement, drainage system, complementary building roads design planning and budget plan calculation. Rigid pavement plan used AASHTO 1993 method, while side drainage system dimension used Public Works method that is Pd. T-02-2006. Complementary building roads design such as road lamp design referred to SNI 7391:2008, while guardrail design referred to SNI 03-2446-1991. For road signs design, Bina Marga method NO. 01/P/BNKT/1991 was used. For the design of road markings, Bina Marga method NO : 012/S/BNKT/1990 was used. After the data was analyzed, the calculation results for rigid pavement with the road length from sta 2+675 to sta 4+225 in 7 meter wide is that the 11 inc (27.94 cm) concrete layer, with the lean concrete of 10 cm thick. Drainage dimension is 0,8 x 1,40 m. The cost used for this Nagreg ring Road was Rp 61,074, 800,000,000. Keywords: Rigid pavement, Drainage system design, Geometric design, Nagreg Ring Road

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dr. Syahril, BSCE., MT.



    Pembimbing 2: Angga Marditama Sultan Sufanir, ST., MT.
    , Editor: Erlin Arvelina

Download...