Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2014

Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Maskapai Penerbangan Berbiaya Murah

The Influence Of Website Quality To Consumer's Trust in low-Cost Airlines

Tugas Akhir, 014 / 2014 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-03 15:05:49
Oleh : Ayuni Aprilliani - 115221005 (ayuniaprilliani@yahoo.com)
Dibuat : 2018-05-03, dengan 4 file

Keyword : Kualitas Website, Kepercayaan Konsumen, Maskapai Penerbangan
Subjek : Website Quality, Consumer's Trust, Airlines

Maskapai penerbangan menawarkan produk berupa jasa pelayanan/service. Pelayanan tersebut salah satunya adalah menjual tiket penerbangan melalui mitra atau kerjasama dengan perusahaan travel agent untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi pelayanan hingga pembelian tiket penerbangan. Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan internet yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, membuat setiap maskapai penerbangan mengikuti perkembangan tersebut untuk meningkatkan pelayanan dengan sebaik-baiknya. Salah satu diantaranya yaitu membuka website untuk memudahkan pemesanan tiket secara online. Ketika maskapai penerbangan telah menyediakan website, namun masih banyak pelanggan yang belum bisa memanfaatkannya dikarenakan beberapa hal seperti kurangnya tingkat kepercayaan konsumen terhadap website tersebut, belum semua orang mengerti tentang bagaimana caranya memesan tiket secara online, adanya kekhawatiran tentang jaminan keamanan setelah pembayaran atau transaksi. Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyak pelanggan yang lebih memilih datang langsung ke travel agent untuk pembelian tiket. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas website terhadap kepercayaan konsumen berdasarkan model SERVQUAL yang telah dimodifikasi. Penelitian ini melibatkan 107 responden untuk memberikan persepsi melalui instrumen penelitian, yaitu kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, kemudian untuk metode analisis data digunakan metode deskriptif. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kualitas website terhadap kepercayaan konsumen. Dimensi dengan nilai paling baik oleh konsumen adalah aksesibilitas yang berkaitan dengan website maskapai penerbangan mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Sedangkan dimensi yang dinilai paling rendah adalah responsiveness yang berarti bahwa perusahaan penerbangan perlu meningkatkan kecepatan website dalam mengirim tiket melalui e-mail serta proses pembayaran agar meningkatkan kepercayaan konsumen. Kata Kunci: Kualitas Website, Kepercayaan Konsumen, Maskapai Penerbangan.

Deskripsi Alternatif :

Airlines offering the products in the form of services. One of that service is selling airline tickets through partner or collaboration with travel agents companies to facilitated the consumer about information services until airline's purchase. Along the advances of technology and the development of the Internet in recent years, making any airline follow these developments to improve their service with the best service. One of them is to open the website to facilitate booking tickets online. When the airline has provided a website, but there are still many customers who can not use it due to a few things such as a lack of consumer confidence on the website, many people did not understand about how to book tickets by online, concerns about security after payment or transaction. This situation is evidenced by many customers who prefer to come directly to the travel agents to buy tickets. This study was conducted to determine the influence of website quality on consumer's trust based on a modified SERVQUAL models. The study involved 107 respondents to give their perception through the questionnaire. The research method is quantitative, and data analysis methods used descriptive method. There is the influence of website quality to consumer's trust as the hypothesis. Dimensions with the best value by consumers is related to the accessibility of airline websites accessible anytime and anywhere. While the lowest rated dimension is responsiveness, which means that airlines need to increase the speed of the website to send tickets via e-mail and payment process in order to increase consumer's trust. Keywords: Website Quality, Consumer's Trust, Airlines.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Any Ariani Noor, S.Pd., M.Sc., Editor: Erlin Arvelina

Download...