Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Konstruksi Gedung > 2019
Analisis Kapasitas Kolom Akibat Perubahan Beban Kendaraan Dan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Struktur Atas Pada Proyek Gedung Parkir Polban
Analysis Of Column Capacity Due To Change Of Vehicle Load And Method Of Implementation Of The Structure Work In The Polban Parking Building Project
Tugas Akhir, 022 / 2019 / KGEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-04-16 16:02:13
Oleh : Benedictus Benget S. - 161111034 & Paul Cesar Gracio - 161111051 (benidonzol@gmail.com)
Dibuat : 2020-04-16, dengan 4 file
Keyword : gedung parkir, struktur baja, kendaraan roda empat, analisis, metode pelaksanaan
Subjek : parking building, steel structure, four-wheeled vehicles, analysis, implementation method
Politeknik Negeri Bandung memiliki gedung parkir yang dirancang dapat menampung kendaraan roda dua pada lantai semi-basement sampai dengan lantai lima. Untuk lantai semi-basement sampai dengan lantai satu dirancang dapat menampung kendaraan roda empat. Berkaitan dengan kebutuhan lahan parkir kendaraan roda empat yang meningkat, maka perlu ditinjau kemampuan struktur gedung parkir apabila lahan parkir kendaraan roda empat ditambah sebanyak satu lantai. Sehingga tugas akhir ini ditulis untuk menganalisis kapasitas kolom akibat perubahan beban kendaraan roda empat dan memaparkan metode pelaksanaan pekerjaan struktur atas rangka baja. Pembahasan kapasitas kolom dilakukan dengan menggunakan software ETABS 2016 untuk menghitung beban sesuai dengan kombinasi pembebanan yang bekerja pada struktur atas bangunan. Analisis struktur baja menggunakan Desain Faktor Beban dan Ketahanan (DFBK) berdasarkan SNI 03-1729-2015 dan SNI 03-1729-2002. Pembebanan pada bangunan tersebut dihitung berdasarkan SNI 03-1726-2013 dan PPIURG 1983. Analisis ketahanan terhadap gempa dihitung berdasarkan SNI 03-1726-2012. Rangka yang digunakan pada struktur atas gedung parkir Polban yaitu Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa kolom yang digunakan yaitu kolom K0 IWF800x300x16x30, kolom K1 model Kingcross 588x300x2x20, dan kolom K2 IWF600x300x4x23 dapat digunakan untuk menahan gaya aksial dan momen lentur setelah ada perubahan beban. Sambungan yang digunakan pada kolom, yaitu sambungan baut tipe M25 memenuhi persyaratan dalam memikul gaya geser. Kata kunci: gedung parkir, struktur baja, kendaraan roda empat, analisis, metode pelaksanaan.
Deskripsi Alternatif :Bandung State Polytechnic has a parking building that is designed to accommodate two-wheeled vehicles on the semi-basement floor up to the fifth floor. For semi-basement floors up to the first floor is designed to accommodate four-wheeled vehicles. Related to the increasing need for four-wheeled vehicle parking lots, it is necessary to review the capability of the structure of the parking building if the four-wheeled vehicle parking lot is added by one floor. So this final project was written to analyze the column capacity due to changes in vehicle loads and explain the method of carrying out structural work on steel frames. The column capacity study is done using the ETABS 2016 software to calculate the load according to a load combination that works on the structure of the building. Analysis of steel structures using the Desain Faktor Beban dan Ketahanan (DFBK) based on SNI 03-1729-2015 and SNI 03-1729-2002. The loading on the building is calculated based on SNI 03-1726-2013 and PPIURG 1983. Analysis of earthquake resistance is calculated based on SNI 03-1726-2012. The framework used in the structure of the Polban parking building is Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). The results of this analysis indicate that the columns used, namely K0 column IWF800x300x16x30, column K1 model Kingcross 588x300x12x20, and column K2 IWF600x300x14x23 can be used to hold axial forces and bending moments after the load changes. The joints used in the column, namely M25 bolt connections meet the requirements in carrying shear forces. Keywords: parking building, steel structure, four-wheeled vehicles, analysis, implementation method.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Drs. Antonius Siswanto, S.ST., M.T.
Pembimbing 2: Muchtar, S.ST., M.T., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 161111034 & 161111051.pdf
(1595046 bytes)
File : BAB 1 - 161111034 & 161111051.pdf
(1212818 bytes)
File : BAB 2 - 161111034 & 161111051.pdf
(1298426 bytes)
File : BAB 6 - 161111034 & 161111051.pdf
(906410 bytes)