Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Teknik Elektro > Program Studi Teknik Elektronika > 2019
Sistem Penghindaran Tabrakan Depan-Belakang Kooperatif Menggunakan Komunikasi Antar Kendaraan Berbasis Logika Fuzzy
Cooperative Rear-End Collision Avoidance System (CRCAS) Using Vehicle To Vehicle Communication Based on Fuzzy Logic
Skripsi, 005 / 2019 / EKUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-01-13 07:57:49
Oleh : Bulan Fatimah Rahmat - 151354006 (bulanrahmat30@gmail.com)
Dibuat : 2020-01-13, dengan 4 file
Keyword : Cooperative Rear-End Collision Avoidance System, Lane Keeping Asisstance System, Fuzzy Logic Controller, NRF24L01, Mobil RC, Sensor ultrasonik
Subjek : Cooperative rear and collision avoidance system, Lane Keeping Assistance, Fuzzy Logic Controller, NRF24L01, RC-Car, Sensor Ultrasonic
Cooperative Rear-End Collision Avoidance System (CRCAS) adalah sistem yang berfungsi menghindarkan tabrakan depan-belakang secara kooperatif antar kendaraan, sistem ini dirancang agar mampu mengirimkan data berupa perubahan kecepatan kendaraan menggunakan komunikasi dengan modul NRF24L01. Sistem ini merupakan sistem yang dikembangankan dari Rear-End Collision Avoidance System (RCAS). Masalah yang terdapat pada RCAS yaitu delay respon sehingga kurang kooperatif dalam melakukan proses pengereman. Sistem CRCAS memperbaiki masalah tersebut dengan cara mengurangi delay respon tersebut. Cara kerja sistem ini adalah mengolah data perubahan kecepatan yang dikirimkan oleh mobil di depannya dan mendeteksi jarak antar mobil. Kemudi mobil dilengkapi dengan Lane Keeping Assistance (LKA) untuk memastikan mobil berjalan lurus pada jalurnya. Sistem kendali yang digunakan adalah Fuzzy Logic Controller yang menggunakan input berupa jarak dan perubahan kecepatan mobil hasil komunikasi. Keluaran kendali FLC ini berupa nilai pengereman mobil berupa pengurangan PWM. CRCAS membutuhkan waktu 8 detik untuk respon pengereman sedangkan sistem RCAS membutuhkan waktu 15 detik. Sistem ini disimulasikan dengan menggunakan 2 mobil RC satu mobil depan dan satu mobil belakang. Mobil RC ini dilengkapi dengan sensor ultrasonik, komunikasi nirkabel NRF24L01, sensor garis. Uji coba yang dilakukan menggunakan mobil RC menunjukan bahwa keberhasilan LKA pada mobil depan sebesar 85%, dan keberhasilan (LKA) mobil belakang sebesar 60%. Algoritma fuzzy CRCAS yang dirancang memiliki index keberhasilan rata-rata 88,89% pada pengurangan kecepatan secara bertahap. Kata Kunci: Cooperative Rear-End Collision Avoidance System, Lane Keeping Asisstance System, Fuzzy Logic Controller, NRF24L01, Mobil RC, Sensor ultrasonik.
Deskripsi Alternatif :Cooperative Rear-End Collision Avoidance System ( CRCAS ) is a system that has functions to cooperatively avoid rear-end collisions between two vehicles, therefore this system is designed to be able to transmit data of vehicle speed changes using communication with the NRF24L01 module. This system is a system developed from Rear-End Collision Avoidance System (RCAS). The problem found in RCAS is delay response so it is less cooperative in carrying out the braking process. The CRCAS system corrects these problems by reducing the response delay. The way this system works is to process the speed change data sent by the car in front of it and detect the distance between cars. Car steering is equipped with Lane Keeping Assistance (LKA) to ensure the car runs straight on its track. The control system used is Fuzzy Logic Controller (FLC) which uses input of distance and the speed of the car resulted from vehicle to vehicle communication. This FLC output is the value of car braking in the form of PWM reduction. CRCAS takes 8 seconds to respond to braking while the RCAS system takes 15 seconds. This system is simulated using 2 RC-Cars one front car and one rear car. This RC-Car is equipped with ultrasonic sensors, NRF24L01 wireless communication, and line sensors. The verivication experiment carried out using RC-Cars showed that the success of front car's LKA was 85%, and the success of rear car's was 60%. The fuzzy CRCAS algorithm designed has an average success index of 88.89% at a gradual reduction in speed. Keywords: Cooperative rear and collision avoidance system, Lane Keeping Assistance, Fuzzy Logic Controller, NRF24L01, RC-Car, Sensor Ultrasonic.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Dr. Ir. Noor Cholis Basjaruddin, M.T.
Pembimbing 2: Didin Saefudin, S.T., M.T., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 151354006.pdf
(794780 bytes)
File : BAB 1 - 151354006.pdf
(148474 bytes)
File : BAB 2 - 151354006.pdf
(666485 bytes)
File : BAB 5 - 151354006.pdf
(89859 bytes)