Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Selama Pandemik Covid-19 (Studi Pada Konsumen Shopee di Kota Bandung)

The Influence of Personal Factors on Purchase Decision Process During Pandemic Covid-19 (Study on Consumer of Shopee in Bandung City)

Tugas Akhir, 003 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-24 14:22:57
Oleh : Chandra Pratiwi - 175211004 (cptiwi@gmail.com)
Dibuat : 2022-03-24, dengan 4 file

Keyword : Purchase Decision, Pandemic, Personal
Subjek : Keputusan Pembelian, Pandemik, Pribadi

Pada masa pandemik COVID-19 banyak perubahan yang dialami masyarakat Indonesia khususnya wilayah yang terdampak virus. Untuk memutus penyebaran virus, masyarakat dihimbau untuk berada dirumah. Selain pembatasan aktivitas, dampak lain yang dirasakan yaitu sekolah dan bekerja dilakukan dari rumah, bahkan ada perusahaan yang harus menghentikan karyawannya karena biaya omset yang menurun. Perubahan yang terjadi seperti gaya hidup, pekerjaan, dan keadaan ekonomi termasuk dalam dimensi faktor pribadi. Berbelanja merupakan sebuah kegiatan yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pada masa pandemik COVID-19 terdapat alternatif belanja melalui internet, salah satunya melalui e-commerce Shopee. Shopee ialah suatu platform yang dirancang spesial untuk menyuguhkan pengalaman berbelanja online. Shopee termasuk salah satu e-commerce yang ada di Indonesia. Perubahan yang dialami masyarakat khususnya pada faktor pribadi memberikan pengaruh terhadap proses tingkat keputusan pembelian masyarakat salah satunya pada e-commerce. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan faktor pribadi terhadap proses keputusan pembelian konsumen Shopee di Kota Bandung selama masa pandemik COVID-19. Penelitian ini memakai metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penyajian data yang digunakan yaitu perhitungan rata-rata, standar deviasi, dan regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi pustaka. Hasil penelitian yaitu variabel faktor pribadi mempengaruhi proses keputusan pembelian secara positif. Karena itu, perusahaan Shopee disarankan untuk lebih memperhatikan faktor pribadi konsumen agar layanan Shopee sesuai dengan keadaan yang dialami oleh konsumen. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan menggunakan variabel lain dengan tujuan menilai proses keputusan pembelian dari berbagai aspek.

Deskripsi Alternatif :

During the pandemic of COVID-19, a lot things has changed for Indonesian citizen especially in region was effected by the virus. To stop the virus from spreading, people are encourage to be at home. Besides activity restriction, another impact are activity like school and work must be done at home, even some companies have to stop their employees because of turnover decreases. Change that happened such as lifestyle, work, and economic conditions are included in the dimensions of personal factors. Shopping is an activity that must be done to fulfill the human need. During the pandemic of COVID-19, there were alternative shopping via the internet, such as Shopee. Shopee is a platform specifically designed to present the online shopping experience. Shopee is one of e-commerce sites in Indonesi. Experience changed by Indonesian citizen, especially on personal factors, influence the level of online purchasing decisions. The purpose of this research is to determine how much personal factors influence purchasing decision Shopee’s consumer in Bandung City during the pandemic of COVID-19. This research is using descriptive analysis method with a quantitative approach. The presentation of data are done using the calculation of the mean, standard deviation, and simple linear regression. Data collection techniques use questionnaires and study literature. The result of the research show that personal factors are influence the purchasing decision process. Therefore, Shopee company are advised to pay more attention to personal factor consumers, so Shopee services are accordance with the consumers conditions. For further research, it is expected to use other variable besides the above with aim of respecting purchasing decisions process from various aspects.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Ma’mun Sutisna, S.Sos., M.Pd., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...