Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020
Efektivitas Penataan Servicescape dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Wingz O Wingz di Kota Bandung
Servicescape Layout Effectivity on Increasing Wingz O Wingz Customers' Satisfaction in Kota Bandung
Skripsi, 002 / 2020 / BAUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2021-05-25 09:09:23
Oleh : Choir Wachidyantari - 165254004 (choir.wachidyantari@gmail.com)
Dibuat : 2021-05-25, dengan 4 file
Keyword : kepuasan konsumen, lingkungan fisik , restoran, servicescape
Subjek : customers' satisfaction, phyisical environment, restaurant, servicescape
Persaingan bisnis bidang kuliner yang semakin ketat, mendorong para pelaku bisnis terus melakukan inovasi dan mengembangkan keunikannya sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Hal ini dilakukan oleh restoran Wingz O Wingz di Kota Bandung yang berupaya menargetkan kepuasan secara menyeluruh, baik dari segi produk maupun dari segi pelayanan yang diberikan, khususnya pelayanan fisik atau servicescape. Terlebih lagi, Wingz O Wingz merupakan restoran waralaba yang harus menyediakan fasilitas dan pelayanan yang sama di setiap cabangnya agar konsumen juga memiliki kepuasan yang sama. Perbedaan penataan servicescape akan membuat konsumen memberi penilaian yang kurang baik atas ketidakpuasannya, seperti kurang luasnya restoran dan bangku yang digunakan, sirkulasi udara dan pencahayaan yang kurang baik, serta ruangan yang bising. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penataan servicescape yang diterapkan restoran, bagaimana kepuasan konsumen di restoran Wingz O Wingz dan seberapa efektif penataan servicescape dalam meningkatkan kepuasan konsumen restoran Wingz O Wingz di Kota Bandung yang diujikan dengan menyebar kuesioner kepada sampel berjumlah 125 orang responden. Metode analisis data yang digunakan antara lain metode analisis deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis regresi, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Penelitian ini menunjukkan penataan servicescape di Wingz O Wingz sudah berada dalam kategori baik dan konsumen sudah merasa puas dengan layanan restoran, serta adanya pengaruh positif dari efektivitas penataan servicescape yaitu sebesar 61,3% terhadap kepuasan konsumen. Restoran Wingz O Wingz perlu memperhatikan kembali penataan servicescape secara keseluruhan dan memberikan kesamaan pelayanan di setiap cabangnya.
Deskripsi Alternatif :The tighter business competition especially in cullinary encourages businessman to be innovative and develop their uniqueness to increase customers' satisfaction. This is what Wingz O Wingz has done to targeting a whole satisfaction of customers, both in terms of products and services, particularly the servicescape. In this era, customers visit the restaurant not just because the food taste, but also the physical environment, that called servicescape. Moreover, Wingz O Wingz is a franchise restaurant which should provide same facilities and services in each branch so customers have similar satisfaction. The differences of servicescape will cause bad appraisal and customers' dissatisfaction, such as narrow area of the restaurant and the benches they used, low air circulation and lighting, also noisy room. This research aimed to find out the effectivity of the servicescapes in order to increase the customers' satisfaction of Wingz O Wingz in Bandung which was tested by distributing the questionnaires to 125 respondens. The method of data analysis used descriptive analysis, simple-correlation analysis, simple linear regression, classic assumptions test, hypothesis test and coefficient of determination. The result of the test indicates that servicescape layout in Wingz O Wingz is in good category and most of the customer feel satisfied by their services, then the servicescape layout has 61,3% positive impact to increasing customers' satisfaction. Wingz O Wingz must pay attention to the servicescape layout and provide similar services in every branch.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Maya Setiawardani, M.Pd., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 165254004.pdf
(1870760 bytes)
File : BAB 1 - 165254004.pdf
(532181 bytes)
File : BAB 2 - 165254004.pdf
(394514 bytes)
File : BAB 5 - 165254004.pdf
(97951 bytes)