Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Teknik Konversi Energi > Program Studi Teknik Konservasi Energi > 2021
Rancang Sistem Kendali Tekanan pada Jalur Penyaluran Gas Alam Berbasis PID di ORF Milik PT Nusantara Regas
Design Pressure Control System on PID-Based Natural Gas Delivery Line in ORF Owned by PT Nusantara Regas
Skripsi, 007 / 2021 / TKEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-12-28 12:52:42
Oleh : Christian Mangampu Tua Sinurat - 171734007 (christian.mangampu.tken417@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-12-28, dengan 4 file
Keyword : Sistem kendali, PID, error
Subjek : Control System, PID, Error
Didalam proses penyaluran gas ke berbagai tempat,pastilah ditemukan sebuah sistem penurun tekanan. Sistem penurun tekanan yang menjadi fokus utama pengamatan kali ini di ORF atau Onshore Receiving Facilities atau sistem penyaluran gas alam di wilayah darat. Sistem penurunan yang diamati terdiri dari sebuah katup kendali yang dijalankan secara otomatis menggunakan sistem kendali PID atau proportional-integral-derivatif. Permasalahan dari sistem penyaluran gas yang diamati adalah tekanan gas yang keluar menuju PLTGU Muara Karang memiliki penyimpangan sebesar 5,5% dari ketentuan yaitu batas penyimpangan tekanan yang diizinkan adalah 2%, dimana ini sangat berbahaya karna dapat mengganggu proses yang akan terjadi di industri penerima. Oleh karena itu dirancanglah sebuah sistem kendali berbasis PID agar bisa mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan hasil simulasi didapat bahwa penyimpangan yang dihasilkan menjadi 0% dan timbul overshoot yang tinggi yaitu 3500 kPa dalam waktu kurang dari 5 detik dan tidak merusak sistem karna masih dibawah dari kapasitas rancangan dari sistem pemipaan dan kapasitas rancangan dimana kapasitas rancangannya ialah 90 bar atau 9000 kPa dan ketika keluaran gas dari ORF digabungkan dengan gas keluaran dari sistem yang lain dengan tekanan yang sama, hasilnya adalah kinerja sistem kendali menjadi lebih stabil dan tekanan gas yang keluar sesuai dengan yang di inginkan.
Deskripsi Alternatif :In the process of distributing gas to various places, a pressure reducing system must be found. The pressure reducing system that is the main focus of this observation is ORF or Onshore Receiving Facilities or natural gas distribution systems in land areas. The observed descent system consists of a control valve which is operated automatically using a PID or proportional-integral-derivative control system. The problem with the gas distribution system observed is that the gas pressure coming out of the Muara Karang PLTGU has a deviation of 5.5% from the provisions, namely the permissible pressure deviation limit is 2%, which is very dangerous because it can disrupt the processes that will occur in the receiving industry. Therefore, a PID-based control system was designed to overcome this problem. Based on the simulation results, it is found that the resulting deviation is 0% and a high overshoot occurs, namely 3500 kPa in less than 5 seconds and does not damage the system because it is still below the design capacity of the piping system and the design capacity where the design capacity is 90 bar or 9000 kPa and when the gas output from the ORF is combined with the gas output from another system with the same pressure, the result is that the control system performance becomes more stable and the gas pressure that comes out is as desired.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Sri Utami, S.ST., M.T.
Pembimbing 2: Budi Suharto, S.T., M.Eng., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 171734007.pdf
(1223529 bytes)
File : BAB 1 - 171734007.pdf
(255757 bytes)
File : BAB 2 - 171734007.pdf
(1074214 bytes)
File : BAB 5 - 171734007.pdf
(204192 bytes)