Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Komputer dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika > REGULER > 2016
Aplikasi Loyalitas Pelanggan
Customer Loyalty Application
Tugas Akhir, 006 / 2016 / JTKUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-05-26 11:36:50
Oleh : Cipto Andrew Sianturi - 131511034, Nafhul Arsyad Sumanto - 131511050, Zulkhair Abdullah Daim - 131511062 (cipto.andrew.tifd13@polban.ac.id; nafhul.arsyad.tifd13@polban.ac.id; zulkhair.abdullah.tifd13@polban.ac.id)
Dibuat : 2017-05-26, dengan 4 file
Keyword : loyalitas pelanggan, loyalty reward
Subjek : customer loyalty, loyalty reward
Aplikasi loyalitas pelanggan adalah aplikasi yang dibangun untuk membantu perusahaan menjaga pelanggan yang dimiliki. Layanan yang ada pada aplikasi loyalitas pelanggan dibuat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh International Institute For Analytics (2014) dan Capgemini Consulting (2015) yang membahas kendala yang dihadapi perusahaan dalam menjalankan program loyalitas pelanggan pada era digital. Hasil penelitian tersebut memaparkan bahwa kendala yang dihadapi perusahaan yaitu kesulitan untuk mengevaluasi program loyalitas pelanggan yang dijalankan dan kesulitan untuk membangun branding program loyalitas karena tingginya homogenitas program loyalitas yang ada di pasaran terutama dari segi jenis reward yang ditawarkan. Untuk mengatasi kendala tersebut, aplikasi loyalitas pelanggan yang dibuat mampu menampilkan informasi tingkat pertumbuhan pelanggan, tingkat retensi pelanggan, dan customer lifetime value untuk membantu perusahaan mengevaluasi program loyalitas pelanggan yang dijalankan. Aplikasi loyalitas pelanggan yang dibuat juga mampu membantu perusahaan mengkonfigurasi term & condition untuk reward berupa member point, cashback, voucher discount, dan redeemable item. Seluruh reward tersebut hanya bisa didapat oleh pelanggan dengan cara melakukan pembayaran di outlet-outlet yang menjadi loyalty partner dan pembayaran yang dilakukan harus melalui layanan mobile payment yang ada pada aplikasi loyalitas pelanggan. Pengaruh penggunaan aplikasi loyalitas pelanggan yang dibuat terhadap tingkat loyalitas pelanggan kepada perusahaan belum diuji karena tidak adanya data uji rill yang bisa digunakan. Kata Kunci: loyalitas pelanggan, loyalty reward.
Deskripsi Alternatif :Customer loyalty application is an application that built to help companies maintain their customer. All of the service in customer loyalty application was made based on the results of research conducted by the International Institute for Analytics (2014) and Capgemini Consulting (2015), which discusses the obstacles that companies face in running a customer loyalty program in the digital era. The results of the study explained that the obstacles faced by the companies are the difficulty to evaluate customer loyalty program and the difficulty to establish branding loyalty program due to the high homogeneity of loyalty programs on the market, especially in terms of the type of reward offered. To overcome these obstacles, customer loyalty application is made to give the information of customer acquisition rate, customer retention rate and customer lifetime value to help companies evaluate their customer loyalty program. Customer loyalty application has been created to help companies configure term & condition for reward in the form of member points, cashback, voucher discount, and redeemable items. The whole reward can only be obtained by customers by making payments in outlets which become loyalty partner and payment must be done through mobile payment services in the application of customer loyalty. The effect of the application of customer loyalty towards the level of customer loyalty to the company have not been tested because there is no real test data that can be used. Keywords: customer loyalty, loyalty reward.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Bambang Wisnuadhi, S.Si., M.T., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 131511034, 131511050, 131511062.pdf
(285312 bytes)
File : BAB 1 - 131511034, 131511050, 131511062.pdf
(175635 bytes)
File : BAB 2 - 131511034, 131511050, 131511062.pdf
(423618 bytes)
File : BAB 6 - 131511034, 131511050, 131511062.pdf
(165205 bytes)