Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Teknik Sipil > Prodi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2013 > REGULER
PERENCANAAN AKSES JALAN UNDERPASS STASIUN KERETA API PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT DENGAN PERKERASAN KAKU SEPANJANG 1.85 KM
UNDERPASS ACCESS ROAD PLANNING IN PADALARANG TRAIN STATION WEST BANDUNG REGENCY WITH 1.85 KM LONG OF RIGID PAVEMENT
Tugas Akhir, 008 /2013 / TPJJUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:55
Oleh : Citra Kania Laras Sakti - 08124011
Dibuat : 2015-06-30, dengan 4 file
Keyword : Akses jalan Underpass, Perkerasan Kaku, Baja Tulangan, Drainase
Subjek : Underpasses road access, Rigid Pavement, Steel Reinforcement, Drainage
Persimpangan kereta api Pasirhalang stasiun kereta api Padalarang Kabupaten Bandung Barat memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan pembangunan Kabupaten Bandung Barat karena jalan ini akan menjadi akses menuju kantor pemerintahan Kabupaten Bandung Barat. Persimpangan kereta api Pasirhalang memiliki arus lalu-lintas cukup padat begitu juga dengan arus kereta api yang melintasi perlintasan kereta api tersebut. Kondisi eksisting badan jalan 6.8 m dengan lebar jalur lalu-lintas 3.8 m dan masing-masing bahu 1.5 m. Fungsi jalan tersebut merupakan lokal primer 2 lajur 2 arah tak terbagi. Tata guna lahan disekitar jalan Pasirhalang ini terdapat pasar, pertokoan, pemukiman warga, serta sekolah menyebabkan banyak kasus-kasus lalu-lintas pada persimpangan kereta api dan ruas jalan Pasirhalang ini. Dari hasil analisa yang telah dilakukan pada Studi Kasus, maka perlu dilakukan peningkatan geometrik dengan membuat Underpass pada persimpangan kereta api serta akses jalan untuk Underpass. Untuk akses jalan Underpass, penanganan yang diambil adalah mengganti perkerasan lentur dengan perkerasan kaku (beton semen) bersambung dengan tulangan. Metoda perencanaan perkerasan kaku dengan menggunakan metoda Pd T-14-2003, pedoman untuk saluran samping jalan menggunakan Pd T-02-2006-B, dan pedoman untuk metode pelaksanaan menggunakan Pd T-05-2004-B. Berdasarkan hasil analisis, dengan ukuran pelat 7 x 8 m didapat tebal pelat 200 mm, tulangan Ø8-200 mm, dowel Ø33-300 mm dengan panjang 450 mm, dan tie bar Ø16-750 mm dengan panjang 700 mm. Desain drainase jalan berbentuk segi empat dengan konstruksi pasangan batu kali dengan lebar (b) 1.6 m, tinggi (h) 0.5 m, dan tinggi jagaan (W) 0.5 m. Rencana anggaran biaya adalah Rp.41,506,439,639,- Kata kunci : Akses jalan Underpass, Perkerasan Kaku, Baja Tulangan, Drainase.
Deskripsi Alternatif :Pasirhalang railway junction at Padalarang railway station West Bandung regency has an important role in the growth and development of West Bandung regency because the railway junction will be one of main accesses to the West Bandung regency government offices. Pasirhalang railway junction has busy traffic flows and the number of trains that crosses the railroad crossings is huge as well. Existing railway junction condition is 6.8 m in the overall width, in detail, traffic lanes width is 3.8 m and each shoulders width is 1.5 m. The function of the junction is a local primary 2 laned 2 way undivided. Surrounding the railway junction is located markets, shops, residential area, and schools which leads to many traffic cases at the railroad crossing and the road of Pasirhalang. From the analysis that has been done on the case study, increasing geometric needs to be taken by building underpass at the railroad crossing which allows an access for the underpass. For underpass road access, the taken solution is replacing a flexible pavement with a rigid pavement ( joining concrete reinforcement ). A rigid pavement method is using Pd T-14-2003, the drainaged method is Pd T-02-2006-B, and implementation method is using Pd T-05-2004-B. Based on the result analysis, the slab is obtained 7 x 8 m thick slab 200 mm, steel reinforcement Ø 8-200 mm, dowel Ø 33-300 mm with 450 mm long, and tie bar Ø16-750 mm with 700 mm long. The drainage is using rectangular construction in wide (b) 1.6 m, high (h) 0.5 m, and protection high (W) 0.5 m. A budget plan is Rp.41,506,439,639,- Keywords: Underpasses road access, Rigid Pavement, Steel Reinforcement, Drainage.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Ir. Mochammad Duddy Studyana, MT., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 08124011.pdf
(1296255 bytes)
File : BAB 1 - 08124011.pdf
(606751 bytes)
File : BAB 2 - 08124011.pdf
(1790576 bytes)
File : BAB 5 - 08124011.pdf
(1441116 bytes)