Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2013

Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Alam Wisata Cimahi

The Analysis of Service Quality to Increase Customer Satisfaction at Alam Wisata Cimahi

Tugas Akhir, 005 / 2013 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-03-29 10:43:32
Oleh : Citra Nurmalasari - 105221008 (citranurmalasari92@gmail.com)
Dibuat : 2017-03-29, dengan 4 file

Keyword : Kualitas Pelayanan, Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Alam Wisata Cimahi
Subjek : Service Quality, Dimention of Sevice Quality, Customer Satisfaction, Alam Wisata Cimahi

Jumlah pengunjung yang datang ke Alam Wisata Cimahi setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Kenaikan jumlah pengunjung perlu dibarengi dengan pelayanan yang berkualitas agar kepuasan konsumen meningkat pula. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan di Alam Wisata Cimahi. Variabel yang digunakan adalah kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen, terdiri dari tangible, empathy, responsiveness, reliability, dan assurance. Adapun cara yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 152 kepada responden yang sudah pernah atau sedang berkunjung ke Alam Wisata Cimahi. Sebelumnya kuesioner diuji dengan menggunakan pilot test. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Penelitian ini telah melewati uji validitas serta reliabilitas, sehingga hasilnya dapat dikatakan sahih dan handal. Hasil penilaian kualitas pelayanan di Alam Wisata Cimahi menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dimensi tangible menunjukkan nilai yang paling tinggi, sedangkan dimensi responsiveness memiliki nilai yang paling rendah. Artinya bangunan fisik yang dimiliki Alam Wisata Cimahi sudah sangat baik, namun kecepatan dalam melayani konsumen masih perlu ditingkatkan lagi. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Alam Wisata Cimahi.

Deskripsi Alternatif :

The number of tourists visiting Alam Wisata Cimahi increase every year. This increase should be accompanied with a good service quality so that increase customer satisfaction as well. The aim of this study is to analyze quality of service toward customer satisfaction at Wisata Alam Cimahi. The research was conducted using variables: service quality and customer satisfaction, consists of tangible, empathy, responsiveness, reliability, and assurance. The method used to measure the service quality is sampling to as many as 152 respondents who have been or are visiting Wisata Alam Cimahi. Prior to the sampling, questionnaire was tested using a pilot test. The data were collected and processed using SPSS (Statistical Product and Service Solution) then tested for the reliability and validity. The result showed that the service quality affects the customer satisfaction. The tangible dimension showed the highest value, in contrast to the responsiveness in serving consumers that have the lowest value. It means the physical area of Alam Wisata Cimahi been very good, but the speed in serving consumers still need to be increased again. Keywords: Service Quality, Dimention of Sevice Quality, Customer Satisfaction, Alam Wisata Cimahi.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Any Ariani Noor, S.Pd., M.Sc., Editor: Erlin Arvelina

Download...