Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Evaluasi dan Pengembangan Human Resources Information System (HRIS) pada User di Unit Human Capital Service, PT Telkom Indonesia

Evaluation and Development of Ismarthc Human Resources Information System (HRIS) on The User in Unit Human Capital Service, PT Telkom Indonesia

Skripsi, 005 / 2021 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-05-12 14:35:11
Oleh : Dara Chandra Suci - 175254004 (dara.chandra.abs417@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-05-12, dengan 4 file

Keyword : Human Resource Information System, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kualitas Sistem
Subjek : Human Resources Information System, Information Quality, Service Quality, System Quality

Dalam dunia bisnis saat ini, Sistem Informasi (SI) dianggap sebagai salah satu alat yang paling efektif untuk mencapai keunggulan kompetitif. Hal tersebut menjadi dasar bagi perusahaan untuk menerapkan sistem informasi sumber daya manusia atau biasa dikenal dengan Human Resource Information System (HRIS) untuk mengelola sumber daya manusia di suatu perusahaan. PT Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang sudah menerapkan HRIS sebagai media pengelola SDM yang diberi nama Ismarthc. Penelitian ini berfokus pada faktor human, organization, dan technology serta kesinambungannya yang disebut net benefit atau manfaat pada penggunaan HRIS Ismarthc. Tujuannya untuk membantu proses evaluasi dan pengembangan HRIS Ismarthc agar dapat berguna secara maksimal kedepannya. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan cara wawancara mendalam dan penarikan data menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 9 orang pengguna HRIS Ismarthc di Unit HC Service, PT Telkom Indonesia. Penelitian ini menghasilkan latar belakang pembuatan HRIS Ismarthc, bagaimana pengguna memanfaatkan HRIS Ismarthc, kendala yang dirasakan pengguna HRIS Ismarthc, dan saran pengembangan HRIS Ismarthc. Jumlah tenaga kerja menjadi faktor utama untuk mengatasi kendala yang terjadi terkait dengan kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan.

Deskripsi Alternatif :

In today's business world, Information Systems (IS) are considered as one of the most effective tools to achieve competitive advantage. This is the basis for companies to implement a human resource information system or commonly known as a Human Resource Information System (HRIS) to manage human resources in a company. PT Telkom Indonesia is one of the companies in Indonesia that has implemented HRIS as a medium for managing HR, which is named Ismarthc. This study focuses on human, organizational, and technological factors and their sustainability which is called the net benefit or benefits of using Ismarthc HRIS. The aim is to assist the process of evaluating and developing Ismarthc's HRIS so that it can be maximally useful in the future. The research method applied in this research is qualitative by exploring and collecting data using purposive sampling technique with a number of informants as many as 9 users of HRIS Ismarthc at the HC Service Unit, PT Telkom Indonesia. This research provides the background for making HRIS Ismarthc, how to use HRIS Ismarthc, the obstacles experienced by HRIS Ismarthc users, and suggestions for developing HRIS Ismarthc. The number of workers is the main factor to overcome the obstacles that occur related to system quality, information quality, and service quality.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si.

    Pembimbing 2: Mohammad Rizal Gaffar, ST., M.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...