Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Perancangan Standard Operating Procedure Pelaksanaan Pemasangan Listrik Baru Di PT. PLN (Persero) ULP Lembang

Standard Operating Procedure Design Of New Electricity Installation At PT. PLN (Persero) ULP Lembang

Tugas Akhir, 004 / 2019 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-14 09:03:14
Oleh : Dela Igna Abdilla - 165211004 (dela.igna.abs16@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-14, dengan 4 file

Keyword : pemasangan listrik baru, standard operating procedure, pelayanan pelanggan, transaksi energi, pelayanan penyambungan
Subjek : new electricity installation, standard operating procedure, customer service, energy transaction, connection service

Pemasangan Listrik Baru adalah salah satu jenis layanan jasa yang disediakan PT. PLN (Persero) ULP Lembang dan dilakukan atas permintaan masyarakat untuk akses listrik dalam kegiatan operasional bisnis pada sektor rumah tangga, sosial maupun sektor industri. Tujuan dari pelayanan pemasangan listrik baru menjadikan tenaga listrik sebagai pendorong kegiatan ekonomi serta memberi kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh listrik. Namun, dalam proses pelaksanaannya masih terdapat alur pekerjaan yang belum tercatat dalam prosedur yang sudah ada dan tidak ada pencatatan perintah kerja pada buku monitoring sehingga proses pelaksanaan pemasangan listrik baru tidak bisa diawasi oleh Manajer pada bagian Pelayanan Pelanggan maupun bagian Transaksi Energi. Permasalahan lainnya yaitu bagian Pelayanan Penyambungan (YANBUNG) tidak mengkonfirmasi data yang didapat di lapangan yang akan mengakibatkan lambatnya pelaksanaan dan ketidaksinkronan data antara bagian Transaksi Energi dengan YANBUNG. Serta keterlambatan dalam pendistribusian perintah kerja dapat menyulitkan bagian Pelayanan Pelanggan untuk melakukan pelayanan kepada pelanggan yang datang ke Loket PLN. Hal tersebut tentunya akan menyulitkan PT. PLN (Persero) ULP Lembang dalam melakukan kegiatan pelaksanaan pemasangan listrik baru secara efektif dan efisien. Hasil pembuatan proyek berupa Standard Operating Procedure (SOP) yang didasarkan pada kebutuhan bagian Pelayanan Pelanggan, bagian Transaksi Energi dan YANBUNG untuk membuat prosedur tentang pelaksanaan pemasangan listrik baru. SOP merupakan buku pedoman berupa (manual book) yang memuat penjelasan disetiap langkah-langkahnya sesuai dengan ketentuan yang menjadi acuan pokok dan mengikat serta menggambarkan alur kerja yang tersusun dengan baik. SOP Pelaksanaan Pemasangan Listrik Baru dapat membantu bagian Pelayanan Pelanggan, bagian Transaksi Energi dan YANBUNG untuk memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan standar prosedur yang telah disepakati dan ditetapkan oleh perusahaan serta proses pelaksanaan pelayanan pemasangan listrik baru dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Kata Kunci: pemasangan listrik baru, standard operating procedure, pelayanan pelanggan, transaksi energi, pelayanan penyambungan.

Deskripsi Alternatif :

New Electricity Installation is one type of service provided by PT. PLN (Persero) ULP Lembang conducted based on the request of the community to access electricity in business operations in the household, social and industrial sectors. The purpose of the new electricity installation service is to make the electricity as a driver of economic activity and provide convenience to the public in obtaining electricity. However, in the implementation process there are still workflows that have not been recorded in the existing procedures and there is no record of work orders in the monitoring book. Therefore, the process of implementing the new electricity installation cannot be monitored by the Manager at Customer Service or Energy Transaction section. Other problem is the Connection Service (YANBUNG) did not confirm the data obtained in the field which would result in slow implementation and data unsynchronization between the Energy Transaction section and the YANBUNG. Delays in the distribution of work order make it difficult for the Customer Service to give service to the customers who visit to the PLN Counter. This also make it difficult for PT. PLN (Persero) ULP Lembang to do the implementation of new electricity installation effectively and efficiently. The results of the project are in the form of a Standard Operating Procedure (SOP) which is based on the needs of the Customer Service section, the Energy Transactions section and the YANBUNG to make procedures for implementing new electricity installations. SOP is a guidebook in the form of manual book that contains an explanation in each of its steps in accordance with the provisions that become the main reference and binds and describes a well-structured workflow. The SOP of the Implementation of the New Electricity Installation can help the Customer Service, the Energy Transaction section and the YANBUNG in order to make it easier for the employees to do work in accordance and agreed with the standard procedures set by the company and the process of implementing new electrical installation services can be effective and efficient. Keywords: new electricity installation, standard operating procedure, customer service, energy transaction, connection service.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ira Siti Sarah, S.ST., MBA., Editor: Erlin Arvelina

Download...