Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2017

Motivasi Konsumen dalam menggunakan Layanan Kereta Api Lokal Bandung Raya

Consumer Motivation in Using Local Railway Service of Bandung Raya

Tugas Akhir, 007 / 2017 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-01-26 15:17:45
Oleh : Delya Dwi Hartini - 145231007 (delyadwihartini@gmail.com)
Dibuat : 2017-11-17, dengan 4 file

Keyword : Kereta Api Lokal Bandung Raya, Layanan, Motivasi
Subjek : Bandung Raya Local Railway, Service, Motivation

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bertugas untuk mengatur, mengurus dan menyediakan jasa angkutan transportasi di Indonesia. Salah satu layanan yang disediakan PT. Kereta Api Indonesia adalah layanan Kereta Api Lokal Bandung Raya yang beroperasi di wilayah DAOP 2 (Daerah Operasional 2) Bandung. Dewasa ini PT. Kereta Api Indonesia tidak melakukan promosi untuk Kereta Api Lokal Bandung Raya, akan tetapi jumlah penumpang terus meningkat setiap bulannya. Hal tersebut menarik perhatian penulis untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang menjadi motivasi penumpang dalam menggunakan layanan Kereta Api Lokal Bandung Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang memotivasi penumpang dalam menggunakan layanan Kereta Api Lokal Bandung Raya adalah harga, kualitas layanan, lokasi dan pengetahuan mengenai layanan. Selanjutnya hasil dari analisis yang dilakukan dapat dijadikan luaran untuk menjadi masukan bagi PT. Kereta Api Indonesia sebagai penyedia layanan dalam rangka memperbaiki kualitas layanan dan mendorong penumpang tetap menggunakan layanan Kereta Api Lokal Bandung Raya sehingga dapat tercipta hubungan jangka panjang yang baik. Kata kunci: Kereta Api Lokal Bandung Raya, Layanan, Motivasi.

Deskripsi Alternatif :

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) is one of the State-Owned Enterprises which organizes, manages and provides transportation services in Indonesia. One of the services that provided by PT. Kereta Api Indonesia is a Bandung Raya Local Railway service that operates in DAOP 2 area (Operational Area 2) of Bandung. For now, PT. Kereta Api Indonesia does not do a promotion for Bandung Raya Local Railway service, but the number of passengers keep increasing every month. It attracted the author's attention to conduct research with the aim to the find out what factors motivate passengers in using Bandung Raya Local Railway service. This study uses qualitative methods with in-depth interview as techniques. The results of this study indicate that the factors that motivate passengers in using the Bandung Raya Local Railway service are the price, quality of service, location and service knowledge which is provided by the company. Furthermore, the results of the analysis can be used as an input for PT. Kereta Api Indonesia as a service provider in order to improve the quality of the service and encourage passengers to keep using the Bandung Raya Local Railway service as well as to create a good long-term relationship. Keywords: Bandung Raya Local Railway, Service, Motivation.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Iwan Mulyawan, M.B.A., Editor: Erlin Arvelina

Download...