Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Analisis Kualitas Produk Indihome PT Telkom Indonesia, Tbk (Studi Pada Pengguna Indihome Di Wilayah Kota Bandung)
Analysis Of Indihome Product Quality In PT Telkom Indonesia, Tbk (Study Of Indihome Users In Region Of Bandung)
Tugas Akhir, 043 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 09:10:31
Oleh : Desy Nurmala Sari - 165211045 (desy.nurmala.abs16@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file
Keyword : kualitas produk, pengguna Indihome, dimensi kualitas produk, produk Indihome
Subjek : product quality, Indihome users, dimensions of product quality, Indihome products
Revolusi industri yang berkaitan dengan digitalisaasi memiliki visi "Indonesia 4.0", setiap pelaku industri harus bersaing untuk memberikan produk yang unggul dibandingan dengan kompetitor yang lain. Dalam persaingan tersebut pada tahun 2015, Telkom meluncurkan produk inovasi yaitu triple play (telepon, internet, televisi interaktif). Namun dari hasil observasi dan wawancara masih terdapat keluhan yang dirasakan oleh pengguna seperti sering mengalami gangguan. Indihome belum dapat digunakan secara maksimal pada saat hujan, jaringan yang masih dirasa belum stabil saat digunakan, dan tidak dapat memasang Indihome di daerah tertentu. Berdasarkan data yang ada, ditemukan bahwa semakin meningkatnya jumlah pengguna Indihome yang memutuskan untuk berhenti berlangganan paket layanan Indihome dalam waktu tiga tahun terakhir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kualitas produk Indihome di Wilayah Kota Bandung. Kualitas produk dinilai menggunakan enam dimensi menurut Garvin (dalam Tjipptono, 2016) meliputi performance, features, reliability, conformance to specifications, serviceability, dan perceived quality. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang diolah menggunakan SPSS versi 22.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk Indihome termasuk kedalam kategori cukup tinggi. Dimensi performance merupakan dimensi tertinggi. Sedangkan dimensi reliability merupakan dimensi terendah, dengan kategori cukup tinggi. Oleh sebab itu, agar keandalan dari suatu produk Indihome terjaga hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keandalan dengan cara memasang kabel optik dengan standar sesuai dengan yang di janjikan, dan sebaiknya produk Indihome ditingkatkan lagi untuk dapat digunakan diatas 10 gigaHz. Selain itu, perlu adanya alat bantu repeater yang dipasang diatas menara listrik pada kawasan yang tidak mendapatkan sinyal sama sekali, agar produk Indihome dapat digunakan dengan baik. Kata Kunci: kualitas produk, pengguna Indihome, dimensi kualitas produk, produk Indihome.
Deskripsi Alternatif :The industrial revolution related to digitalization has a vision of "Indonesia 4.0", every industry player must compete to provide superior products compared to other competitors. In this competition in 2015, Telkom launched an innovation product, namely triple play (telephone, internet, interactive television). But from the results of observations and interviews there are still complaints that are felt by users such as often experiencing interference. Indihome cannot be used optimally when it rains, the network that is still considered not stable when used, and cannot install Indihome in certain areas. Based on existing data, it was found that the increasing number of Indihome users decided to unsubscribe from the Indihome service package in the last three years. This research was conducted to determine the value of the quality of Indihome products in the City of Bandung. Product quality is assessed using six dimensions according to Garvin (in Tjipptono, 2016) including performance, features, reliability, conformance to specifications, serviceability, and perceived quality. The method used in this study is descriptive analysis with a quantitative approach, which is processed using SPSS version 22, the results of this study indicate that the quality of Indihome products belongs to the fairly high category. The performance dimension is the highest dimension. While the reliability dimension is the lowest dimension, with a fairly high category. Therefore, so that the reliability of an Indihome product can be maintained what can be done to improve reliability by installing the best quality optical cable, and the Indihome product should be improved to be used above 10 gigaHz. In addition, there is a need for a repeater aid installed on an electric tower in an area that has no signal at all, so that Indihome products can be used properly. Keywords: product quality, Indihome users, dimensions of product quality, Indihome products.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Maya Setiawardani, M.Pd., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211045.pdf
(623600 bytes)
File : BAB 1 - 165211045.pdf
(330857 bytes)
File : BAB 2 - 165211045.pdf
(234724 bytes)
File : BAB 5 - 165211045.pdf
(171413 bytes)