Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Minat Beli Item Virtual Pada Game Garena Free Fire (Studi Pada Pemain Garena Free Fire di Kota Bandung)

Analysis of Intention in Purchasing Virtual Items on Garena Free Fire Game (Study on Free Fire's Game Players in Bandung City)

Tugas Akhir, 032 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-30 11:04:55
Oleh : Dhiya Asti Apriana - 175211035 (dhyastaprn@gmail.com)
Dibuat : 2022-03-30, dengan 4 file

Keyword : Garena Free Fire Game Players, Purchase Intention, Item Virtual
Subjek : Pemain Game Garena Free Fire, Minat Beli, Item Virtual

Garena Free Fire merupakan game online berjenis battle royale yang dirancang khusus untuk ponsel. Game ini diluncurkan oleh perusahaan asal Singapura, yaitu Garena. Saat ini, Garena Free Fire menjadi salah satu game yang digemari masyarakat Indonesia. Munculnya minat untuk membeli item virtual pada game merupakan hal yang biasa untuk para pemain game untuk memenuhi keinginannya. Sikap minat beli muncul dari rasa senang akan suatu objek dan berusaha untuk mendapatkan objek tersebut dengan uang. Namun, dengan banyaknya keluhan yang berasal dari pemain game Garena Free Fire mengenai game yang mereka mainkan seperti item virtual yang tidak terlihat, game sering mengalami force close, seringnya update game, item dari event lama dijual kembali, banyak cheater pada game, jaringan tidak stabil, item virtual yang tak kunjung masuk ke dalam akun mereka, dan akun ter-suspend setelah membeli item virtual. Mengingat persaingan antar developer game untuk mendapatkan keuntungan dari game yang dikembangkannya semakin ketat ditambah game Garena Free Fire kini memiliki saingan game yang serupa yaitu PUBG Mobiles, dengan banyaknya keluhan yang disampaikan oleh pemain game Garena Free Fire pada game apakah hal ini dapat mempengaruhi tingkat minat beli item virtual pada game, maka fenomena ini lah yang melatarbelakangi penulis untuk mengetahui tingkat minat beli dan dimensi yang memiliki nilai mean tertinggi dan terendah yang memicu seseorang untuk membeli item virtual pada game Free Fire apakah game ini dapat bersaing dengan game lainnya atau tidak. Penelitian ini mencari nilai rata-rata untuk menjawab rumusuan masalah tersebut dengan mengambil empat dimensi yang telah diteliti pada jurnal yang serupa yaitu minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang disebar ke 100 orang pemain game Garena Free Fire di Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan informasi bahwa tingkat minat beli item virtual pada game Free Fire di Kota Bandung sudah termasuk tinggi sehingga keluhan yang disampaikan oleh para pemain game Garena Free Fire tidak berpengaruh pada minat seseorang untuk membeli item virtual pada game. Namun, ada satu dimensi yang perlu ditingkatkan lagi tingkat minat belinya, yaitu dimensi minat referensial. Dimensi ini termasuk ke dalam kategori sedang karena berdasarkan jawaban responden banyak dari mereka yang tidak menyatakan bahwa mereka setuju atau tidak setuju pada pernyataan yang ada di dimensi tersebut. Sehingga hal ini mengisyaratkan bahwa pemain game Free Fire di Kota Bandung masih ragu untuk mereferensikan item virtual ke orang lain. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan dimensi lain yang berbeda dengan keempat dimensi diatas sehingga dapat menggali lebih jauh tingkat minat beli dari segala macam aspek.

Deskripsi Alternatif :

Garena Free Fire is an online battle royale type game specially designed for mobile phones. This game was launched by a company from Singapore, namely Garena. Currently, Garena Free Fire is one of the games favored by the Indonesian people. The emergence of interest in buying virtual items in the game is common for gamers to fulfill their desires. Purchase interest arises from feeling happy about an object and trying to get that object with money. However, with many complaints coming from Garena Free Fire game players regarding the games they play such as virtual items that cannot be seen, games often experience force closes, frequent game updates, items from old events are resold, many cheaters in games, unstable network , virtual items that never logged into their account, and suspended accounts after purchasing virtual items. Given the competition between game developers to benefit from the games they are developing is getting tighter, plus the Garena Free Fire game now has a similar game rival, PUBG Mobiles, with the many complaints submitted by Garena Free Fire game players on whether this can affect the level of buying interest virtual items in the game, then this phenomenon is what motivates the author to find out the level of buying interest and the dimensions that have the highest and lowest mean values that trigger someone to buy virtual items in the Free Fire game whether this game can compete with other games or not. This study seeks an average value to answer the problem formula by taking four dimensions that have been studied in similar journals, namely transactional interest, referential interest, preferential interest, and explorative interest. The research method used in this research is descriptive method with a quantitative approach. The research data were obtained from a questionnaire distributed to 100 players of the Garena Free Fire game in Bandung. Based on the results of the research, it was found that the level of interest in buying virtual items in the Free Fire game in Bandung was already high so that complaints submitted by Garena Free Fire game players had no effect on one's interest in buying virtual items in the game. However, there is one dimension that needs to increase the level of interest in buying, namely the dimension of referential interest. This dimension is included in the moderate category because based on respondents' answers, many of them do not state that they agree or disagree with the statements in that dimension. So this suggests that Free Fire game players in Bandung are still hesitant to refer virtual items to other people. Future research is expected to use other dimensions that are different from the four dimensions above so that it can further explore the level of buying interest from all kinds of aspects.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sri Surjani Tjahjawati, M.Si., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...