Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2017
Ekplorasi Kualitas Makanan Khas (Spesial) melalui Turis dan Warga di Bandung
Exploring Specialty Food Quality Across Tourist and Resident in Bandung
Tugas Akhir, 008 / 2017 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-01-26 15:17:45
Oleh : Dhyta Anggun Pratiwi - 145231008 (dhytaapra96@gmail.com)
Dibuat : 2017-11-17, dengan 4 file
Keyword : kualitas, industri kreatif, makanan spesial, inovasi
Subjek : quality, creative industry, specialty food, innovation
Di era globalisasi saat ini perkembangan subsektor industri kreatif berkembang dengan sangat pesat, salah satunya industri kuliner. Pada dasarnya secara ekonomi, industri kuliner memang mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang. Adapun solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan salah satunya dengan memanfaatkan jasa industri kuliner. Seperti halnya yang terjadi di Kota Bandung, bisnis kuliner menjadi unggulan bagi perekonomian kota. Tidak sulit bagi masyarakat baik Kota Bandung maupun luar Kota Bandung atau turis untuk mencari UKM yang menawarkan berbagai macam jenis makanan sebagai makanan istimewa mulai dari menu makanan nusantara hingga menu makanan mancanegara. Meskipun bisnis kuliner spesial di Bandung saat ini telah mulai berkembang, namun beberapa hal masih harus diperbaiki dan dikelola secara lebih serius. Salah satu di antaranya adalah perlunya ide-ide baru untuk menciptakan inovasi kuliner sehingga akan mempunyai reputasi yang baik pula. Kendala tersebut bermula dari cara pengelolaan produk makanan sebagai makanan spesial yang masih biasa saja dan masih dikelola secara tradisional. Untuk itu perlu dianalisis terlebih dahulu kualitas produk kuliner sebagai specialty foods sebelum menentukan langkah selanjutnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kualitas produk makanan khas Bandung sebagai makanan spesial. Pengumpulan data tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner ke 370 responden secara langsung baik warga Bandung dan sekitarnya maupun warga luar kota Bandung. Hasil atau temuan dari penelitian yang dilakukan akan menjadi masukan bagi para pelaku bisnis kuliner di Kota Bandung dalam menyajikan produk kuliner sebagai specialty food. Kartu penilaian atau angket mini akan menjadi luaran untuk penelitian ini. Kartu atau angketnya berisikan dimensi-dimensi dari specialty food sebagai tolak ukurnya. Berdasarkan dari hasil analisis deskriptif yang tidak terlalu bagus, instrumen ini akan menjadi solusi terbaik untuk para pebisnis specialty food untuk mengidentifikasi dan mengembangkan kualitas produk mereka. Kata kunci: kualitas, industri kreatif, makanan spesial, inovasi.
Deskripsi Alternatif :In the current era of globalization, the development of the creative industries is growing rapidly, one of them is the culinary industry. Economically, the culinary industry has very strong potential to develop. Development of the culinary industry can become the solution to meet the customer needs of specialty foods as well as for attracting tourist visiting a destination. For example, in Bandung, the development of culinary business has become an important economic sector of the city. It's not difficult for Bandung's citizens as well as tourists to find stalls offering specialty foods, from traditional foods until International ones. Although this industry in Bandung has started to grow, but there are still some things that need to be improved and managed more seriously. One of them is the need for new ideas to create a culinary innovation that has a good reputation. These problems come from the management of the culinary product itself which is still traditional and ordinary. Therefore the current quality of specialty foods needs to be analyzed before determining the next step. The aim of this study is to identify the quality of food products in Bandung as specialty foods. This study uses quantitative approach for the data collection through spreading the questionnaires to 370 respondents manually, resident and tourist. The findings of this research will become an input for culinary business in Bandung in presenting culinary products as specialty foods. Thus, an assessment card will be the output of this research. It will contain the dimensions of specialty food as the benchmark. According to the result of the descriptive analysis which is not really good, this instrument will be the best solution for the sellers of specialty food to identify the quality and further to develop it. Keywords: quality, creative industry, specialty food, innovation.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Drs. Dwi Suhartanto, M.C.M., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 145231008.pdf
(497101 bytes)
File : BAB 1 - 145231008.pdf
(222028 bytes)
File : BAB 2 - 145231008.pdf
(278874 bytes)
File : BAB 5 - 145231008.pdf
(213244 bytes)