Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Loyalitas Konsumen Ritel Offline Kota Bandung Saat Pandemik Covid-19

Analysis of Offline Retail Consumer Loyalty in Bandung City During The Covid-19 Pandemic

Tugas Akhir, 004 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-24 14:25:07
Oleh : Dian Siti Nurmala - 175211005 (dian.siti.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-24, dengan 4 file

Keyword : Consumer Loyalty, Online, Offline Retail, Covid-19 Pandemic
Subjek : Loyalitas konsumen, online, retail offline, pandemik Covid-19

Analisis Loyalitas Konsumen Ritel Offline Kota Bandung Saat Pandemik Covid-19. Oleh: Dian Siti Nurmala Bisnis ritel adalah salah satu bisnis yang setiap tahunnya mengalami pertumbuhan. Namun semakin berkembangnya teknologi kini ritel tidak hanya tersedia secara offline melainkan juga tersedia secara online. Saat pandemik Covid-19 terjadi, ritel offline adalah salah satu sektor usaha yang mengalami penurunan omzet yang signifikan. Situasi pandemik Covid-19 ini mengubah perilaku berbelanja masyarakat dengan memenuhi kebutuhannya secara online. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pesanan terhadap perusahaan online atau e-commerce di saat maraknya Covid-19. Lebih besarnya minat masyarakat dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya secara online dibandingkan offline menjadi sebab loyalitas konsumen retail offline turun. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur lebih dalam loyalitas konsumen retail offline Kota Bandung saat pandemik Covid-19 dari segi aspek behavioral (perilaku) dan attitudinal (sikap). Metode penelitian dalam ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penyajian data yang dilakukan menggunakan perhitungan rata-rata atau mean, nilai maksimum dan nilai minimum, standar deviasi dan frekuensi.Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa loyalitas konsumen saat pandemik Covid-19 termasuk kedalam kategori cukup tinggi. Dimensi behavioral memiliki nilai yang lebih tinggi dari attitudinal. Masing-masing indikator dari setiap dimensi, pembelian ulang adalah indikator yang memiliki nilai paling tinggi pada ritel offline saat pandemik Covid-19. Adapun indikator yang paling rendah adalah kekebalan terhadap produk pesaing. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, retail offline perlu mengembangkan lagi strategi agar konsumen tetap loyal terhadap perusahaan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, membuat promosi dalam setiap belanjaan, membuat dan memberlakukan protokol kesehatan saat pandemik misalnya menyediakan handsanitizer, setiap karyawan harus memakai masker dan membuat batas jarak aman satu meter, dan mengikuti perkembangan zaman serta menyediakan metode pembayaran berupa dompet digital dan membuat platform online.

Deskripsi Alternatif :

Analysis Of Offline Retail Consumer Loyalty In Bandung City During The Covid-19 Pandemic. By: Dian Siti Nurmala The retail business is one business that is experiencing annual growth. But the development of technology is now retail not only available offline but also available online. When the Covid-19 pandemic occurred, offline retail was one of the business sectors that experienced a significant turnover. The Covid-19 pandemic situation has changed people's shopping behavior by meeting their needs online. This is evidenced by the increase in orders for goods in the e-commerce industry amid the rise of Covid-19. Higher public interest in shopping online compared to conventional or offline is one of the causes of offline retail consumer loyalty. This research was conducted to measure more deeply the loyalty of offline retail consumers in Bandung during the Covid-19 pandemic in terms of behavioral and attitudinal aspects. The research method in this is using descriptive analysis method with a quantitative approach. Presentation of data is done using calculations of means, maximum values , minimum values, standard deviations and frequency. Data collection techniques using questionnaires (questionnaire) and observation. The results of the study stated that consumer loyalty during the Covid-19 pandemic included in the category quite high. Behavioral dimension has a higher value than attitudinal. For each indicator of each dimension, repurchase is the indicator that has the highest value in offline retail during the Covid-19 pandemic. The lowest indicator is immunity to competing products. To overcome these problems, offline retailers need to develop strategies so that consumers remain loyal to the company. This can be done by providing products that fit the needs of consumers, making promotions in every shopping, making and enforcing health protocols when pandemics such as providing handsanitizer, every employee must wear a mask and make a safe distance limit of one meter, and follow the development of the time by providing payment methods ini the form of digital wallet and create an online platform.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Harmon Chaniago, M.Si., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...