Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Analisis Efektivitas Kegiatan Pemasaran Sosial Kompor Listrik PT PLN UP3 Bandung Menggunakan Model AIDA
Effectiveness Analysis of Electrical Stove Social Marketing by PT PLN UP3 Bandung using AIDA Model
Tugas Akhir, 007 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-14 09:47:27
Oleh : Diwan Setiawan - 165211007 (diwansetiawan16@gmail.com)
Dibuat : 2020-02-14, dengan 4 file
Keyword : Hirarki Respon, Kompor Listrik, Komunikasi, Model AIDA, Pemasaran Sosial
Subjek : AIDA Model, Communication, Electric Stove, Hierarchy of Respons, Social Marketing
Kementrian ESDM melalui PLN Sebagai BUMN penyedia program kelistrikan nasional, berupaya memperluas penggunaan kompor listrik-induksi. Untuk menumbuhkan minat masyarakat mencoba dan membeli produk kompor listrik, diperlukan strategi yang efektif, salah satunya dengan kegiatan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis efektivitas kegiatan pemasaran sosial kompor listrik PT PLN UP3 Bandung. Efektivitas promosi diukur dengan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada masyarakat Kota Bandung yang pernah melihat kegiatan pemasaran kompor listrik PT PLN UP3 Bandung selama bulan Juli 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan SPSS versi 25. Metode analisis data menggunakan analisis Mean dan standar deviasi. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa efektivitas kegiatan Pemasaran Sosial Kompor Listrik PT PLN UP3 Bandung memiliki nilai rata â rata sebesar 3,39 yang masuk pada kategori sedang dengan standar deviasi dibawah 20%. Artinya, Pemasaran Sosial Kompor Listrik PT PLN UP3 belum efektif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberi saran Kegiatan Pemasaran Kompor Listrik menggunakan media tambahan yang dapat menjangkau khalayak lebih luas, menampilkan perbandingan langsung antara kompor listrik dan kompor gas, dan menggandeng produsen atau distributor kompor listrik agar lebih mudah menggerakan audiens untuk membeli.
The Ministry of Energy and Mineral Resources through PLN as a state-owned provider of national electricity programs, seeks to expand the use of electric-induction stoves. To foster public interest in trying and buying electric stove products, effective strategies are needed, one of which is marketing activities. This study aims to analyze the effectiveness of social marketing activities of PT PLN UP3 Bandung electric stove. Promotion effectiveness is measured by the AIDA model (Attention, Interest, Desire, Action). This study uses a descriptive method with a quantitative approach. Data were obtained through questionnaires to the people of Bandung City who had seen the marketing activities of PT PLN UP3 Bandung electric stove during July 2019. The sample in this study were 100 respondents. The collected data is then processed using SPSS version 25. Data analysis method uses analysis of Mean and standard deviation. The research results revealed that the effectiveness of the Electricity Stove Social Marketing activities of PT PLN UP3 Bandung had an average value of 3.39 which was included in the medium category with a standard deviation below 20%. This means that the PT PLN UP3 Electric Stove Social Marketing has not yet effective. Based on the results of the study, the researchers suggested the Activities of the Electric Stove Marketing use additional media that can reach a wider audience, displaying direct comparisons between electric stoves and gas stoves, and cooperating with producers or distributors of electric stoves to make it easier to move the audience to act.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Drs. Mukaram, M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211007.pdf
(428634 bytes)
File : BAB 1 - 165211007.pdf
(199078 bytes)
File : BAB 2 - 165211007.pdf
(267248 bytes)
File : BAB 5 - 165211007.pdf
(167984 bytes)