Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Analisis Kepuasan Pelanggan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

Analysis of Customer Satisfaction in Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

Tugas Akhir, 039 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 12:00:48
Oleh : Eni Indriani - 185211042 (eni.indriani.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file

Keyword : Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Subjek : Rumah Sakit Jiwa Derah Surakarta, Services, Customer Satisfaction

Kesehatan merupakan salah satu hal penting bagi manusia untuk dapat melakukan aktivitas di dalam maupun di luar rumah. Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta merupakan salah satu jasa kesehatan yang selalu menjadi alternatif bagi masyarakat untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan yang secara khusus menangani masalah kejiwaan. Seiring dengan perkembangan zaman, maka berkembang pula fasilitas dan pelayanan di rumah sakit baik fasilitas medis maupun non mendis. Pengembangan fasilitas dan pelayanan ini berguna untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang membutuhkan jasa kesahatan di rumah sakit. Seiring dengan meningkatnya taraf kehidupan masyarakat maka semakin meningkat pula harapan masyarakat untuk bisa mendapatkan pelayanan sesuai yang diharapkan sehingga tercipta kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan tingkat perasaan yang tumbuh setelah pelanggan mendapatkan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta dengan objeknya pengunjung di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Hasil penelitian ini terdapat 9 dimensi diantaranya persyaratan dengan kategori baik, prosedur dalam kategori sangat baik, jangka waktu dalam kategori baik, biaya dalam kategori baik, spesifikasi pelayanan dalam kondisi baik, kompetensi dalam kategori baik, perilaku dalam kategori baik, maklumat dan janji pelayanan dalam kategori baik dan penanganan pengaduan dalam kategori baik. Kata Kunci: Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Deskripsi Alternatif :

Health is one of the important things for humans to be able to carry out activities inside and outside the home. The Surakarta Regional Mental Hospital is one of the health services that has always been an alternative for the community to carry out treatment and healing that specifically deals with mental problems. Along with the times, facilities and services in hospitals have also developed, both medical and non-medical facilities. The development of these facilities and services is useful to meet the needs of customers who need health services in hospitals. Along with the increase in the standard of living of the community, the expectations of the community will also increase to be able to get the service as expected so as to create customer satisfaction. Customer satisfaction is the level of feeling that grows after customers get service. This study aims to determine customer satisfaction at the Surakarta Mental Hospital with the research method used is a descriptive method with a quantitative approach. The subject of this study is customer satisfaction at the Surakarta Mental Hospital with the object being visitors at the Surakarta Mental Hospital. The results of this study contained 9 dimensions including requirements in good category, procedure in very good category, time period in good category, costs in good category, service specifications in good condition, competence in good category, behavior in good category, information and service promises in good category and complaint handling in good category. Keywords: Rumah Sakit Jiwa Derah Surakarta, Services, Customer Satisfaction.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Mukaram, S.E., M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...