Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Kepercayaan Pada Merek Aplikasi Zoom (Studi Pada Pengguna di Kota Bandung)

Trust in a Brand Analysis of Zoom Application (Study on Zoom Users in Bandung)

Tugas Akhir, 033 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-30 11:25:25
Oleh : Fadhlih Zharfan - 175211036 (Fadhlih Zharfan - 175211036)
Dibuat : 2022-03-30, dengan 4 file

Keyword : rust, Brand Analysis,Zoom Application
Subjek : Analisis Kepercayaa, Aplikasi Zoom

Fenomena pandemik yang terjadi akibat Virus Corona pada tahun 2020 merubah gaya hidup masyarakat dunia termasuk Indonesia. Semua macam kegiatan, pekerjaan, sampai kegiatan belajar dilaksanakan di rumah dengan sistem online. Perkembangan teknologi dan informasi berperan penting dalam kondisi ini untuk menunjang kebutuhan hidup manusia terutama dalam hal komunikasi. Salah satunya adalah aplikasi Zoom yang berperan sebagai aplikasi video konferensi berbasis platform cloud yang mudah dioperasikan. Eksistensi dari aplikasi Zoom meningkat pesat semenjak diberlakukannya aturan bekerja dari rumah (work from home) dan kegiatan belajar dari rumah melalui fitur video call. Tingkat eksistensinya berbanding lurus dengan banyaknya bahaya yang ditimbulkan, seperti zoombombing dan hacking. Dampak yang diakibatkan dari masalah tersebut mengakibatkan banyak orang yang tidak percaya pada aplikasi tersebut. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kepercayaan merek Zoom pada penggunanya di Kota Bandung. Kepercayan pada merek adalah suatu keadaan dimana konsumen menggantungkan dirinya dengan tulus pada suatu merek tertentu demi memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menanggung risiko yang mengharapkan timbal balik yang positif. Kepercayaan pada merek dapat diukur melalui tiga dimensi, yaitu karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen-merek seperti pada penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil yang didapatkan menjelaskan bahwa kepercayaan pada merek Zoom di Kota Bandung Tinggi, hal ini ditinjau dari sisi karakteristik merek dan karakteristik konsumen-merek yang bernilai tinggi. Pengguna tidak terlalu peduli terhadap karakteristik perusahaan yang melatarbelakangi aplikasi Zoom dalam mempercayainya. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti mengenai kepercayaan pada merek lainnya.

Deskripsi Alternatif :

The pandemic phenomenon that occurred due to the Corona Virus in 2020 changed the lifestyle of the world community, including Indonesia. All kinds of activities, jobs, studies are carried out at home with an online system. The development of technology and information has an important role in this condition to support the needs of human life, especially in communication. One of them is Zoom, Zoom is a modern enterprise video communications with an easy and reliable cloud platform. The existence of the Zoom application has increased quickly since the government regulation of "work from home" commands and study from home through the video call feature. Its level of existence is directly proportional to the many dangers, such as zoombombing and hacking. The impact caused by this problem makes many people did not trust in the application. Based on these problems, this research have a purpose to determine the condition of the Zoom brand's trust in its users in Bandung city. Trust in a brand is a condition in which consumers depend relying on a brand to fulfil their daily needs by taking risks assuming positive feedback. In previous studies, trust in brands can be measured through three dimensions are brand characteristics, company characteristics, and consumer-brand characteristics. Based on the results, it is explained that trust in the Zoom brand in Bandung is high, this is observed from the high value of the brand characteristics and consumer-brand characteristics. Users don't really care about the characteristics of the company behind the Zoom application to trust the application. Future research required to examine trust in other brands.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sholihati Amalia, S.Sos., M.Pd., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...