Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Mesin > Program Studi Teknik Mesin > 2017

Perbaikan Kompresor Udara Merek Broom Wade Tipe H41

Repairing Broom Wade Air Compressor H41 Type

Tugas Akhir, 010 / 2017 / TME
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-11-01 15:26:53
Oleh : Faishal Ridhwan - 141211014 (faishal_ridwan@hotmail.com)
Dibuat : 2017-11-01, dengan 4 file

Keyword : Kinerja, Efisiensi
Subjek : Performance, Efficiency

Kondisi kompresor udara merek Broom Wade yang telah berusia 37 tahun dan kurang baiknya perawatan dapat meningkatkan peluang terjadinya kerusakan. Hal ini dapat menjadi gangguan terhadap kelancaran mobilitas kegiatan di laboratorium CNC. Mengingat kondisi kompresor tersebut memiliki peran yang sangat penting, maka dibutuhkan suatu perbaikan agar kinerja kompresor tersebut dapat kembali berfungsi mendekati kondisi awal. Setelah dilakukannya investigasi pada kompresor udara merk Broom Wade, didapatkan kurang optimalnya sistem pelumasan yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada journal bearing, main bearing, crankshaft. Selain itu Ring Piston memiliki celah yang besar sehingga piston tidak dapat mengkompresi udara secara optimal. Dinding dalam silinder pun memiliki goresan yang menyebabkan hasil kompresi kurang optimal. Dalam melakukan perbaikan dibutuhkan dasar pengetahuan perawatan dan teori kompresor. Pelaksanaan perbaikan berupa perbaikan dan penggantian komponen-komponen yang rusak. Komponen yang diperbaiki yaitu: penggantian journal bearing, main bearing, ring piston, packing, dan perbaikan pompa oli, dinding dalam silinder, dan crankshaft. Hasil perbaikan kemudian dilakukan pengujian performansi seperti pengujian tekanan, kecepatan, debit, getaran dan noise. Hasil nilai efisiensi volumetrik pada tekanan 1,5 bar (abs) sebesar 98,36% dan pada tekanan 3 bar (abs) sebesar 81,9%, kondisi ideal adalah Δƞv = 0. Hasil pengukuran getaran pada titik Motor Non-Drive End sebesar 4.28 mm/s vertikal dan 4.36 mm/s horizontal, pada titik Motor Drive End sebesar 2.98 mm/s vertikal dan 4.40 mm/s horizontal, pada titik Compressor Non-Drive End sebesar 4.16 mm/s vertikal dan 4.18 mm/s horizontal, pada titik Compressor Drive End sebesar 4.34 mm/s vertikal dan 4.04 horizontal, batas maksimun toleransi getaran sebesar 4.5 mm/s. Hasil pengukuran noise sebesar 89.78 dB, batas maksimum toleransi noise sebesar 92 dB. Kata kunci: Kinerja, Efisiensi.

Deskripsi Alternatif :

The condition of the 37-year-old Broom Wade air compressor and the lack of maintenance can increase the chances of damage. So it can be disrupting against the mobility of activities in the CNC laboratory. Considering the condition of the compressor has a very important role, therefore required a recondition of the compressor so that the compressor's performance can return to work and approach the initial conditions. After investigation on the air compressor Broom Wade, it was found less optimal lubrication system that caused damage to journal bearing, main bearing, crankshaft. In addition Ring piston has a large gap so that the pistons can not compress the air optimally. The inner wall of the cylinder also has a scratch that causes less optimal compression results. In repairing there are some basic knowledge needed to learn such as maintenance knowledge and the theory of compressor. Implementation of the recondition is in the form of repair as well as replacing the damaged components. Repaired components are: replacement of journal bearing, main bearing, piston ring, packing, and repair of oil pump, cylinder inner wall and crankshaft. The results of repaired compressor are performed by test such as pressure test, speed test, flow rate test, vibration and noise test. The value of volumetric efficiency at a pressure of 1.5 bar (abs) is 98.36% and at 3 bar (abs) is 81.9%, an ideal condition is Δƞv = 0. Vibration measurement results at Motor Non-Drive End point are 4.28 mm/s vertical and 4.36 mm/s horizontal, at the Motor Drive End point are 2.98 mm/s vertical and 4.40 mm/s horizontal, at the Compressor Non-Drive End point are 4.16 mm/s vertical and 4.18 mm/s horizontal, at Compressor Drive End points are 4.34 mm/s vertical and 4.04 horizontal, maximum vibration tolerance limit is 4.5 mm/s. The noise measurement result is 89.78 dB, the maximum noise tolerance limit is 92 dB. Keywords: Performance, Efficiency.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Ir. Ali Mahmudi, M.Eng.

    Pembimbing 2: Waluyo Musiono Bintoro, S.ST., M.Eng., Editor: Erlin Arvelina

Download...