Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Minat Beli Mahasiswa di Kota Bandung pada Aplikasi Shopee Selama Promosi Flash Sale

Analysis of Student Buying Interest in Bandung on Shopee Application During the Flash Sale Promotion

Tugas Akhir, 034 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-30 11:43:17
Oleh : Faliq Ilham Badruddin - 175211037 (faliq.ilham.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-30, dengan 4 file

Keyword : buying interest, promotion, flash sale
Subjek : minat beli, promosi, flash sale

Minat beli konsumen dapat di tingkatkan dengan berbagai cara yang bisa diterapkan oleh perusahaan. Salah satu cara yang Shopee terapkan untuk meningkatkan minat beli konsumen yaitu dengan memberikan promosi berupa potongan harga yang diadakan hanya dengan waktu tertentu dan jangka waktu promosi yang singkat atau disebut dengan flash sale. Cara promosi tersebut sudah dirasakan pihak Shopee sebagai strategi yang efektif bagi menarik minat beli konsumen bersanding dengan promosi gratis ongkos kirim. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat minat beli mahasiswa di kota bandung pada aplikasi shopee dengan adanya promosi flash sale. Tingkat minat beli diukur menggunakan empat dimensi menuru Kotler dan Keller (2012) meliputi attention, interest, desire, dan action. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan melibatkan 120 orang responden yang merupakan mahasiswa pengguna aplikasi Shopee di Kota Bandung berdasarkan hasil perhitungan rumus unknow population didukung oleh teori Fraenkel & Wallen (2009). Data primer pada penelitian ini didapat dari hasil pengisian kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menggunakan SPSS 17.0, diketahui bahwa tingkat minat beli mahasiswa pada aplikasi Shopee di Kota Bandung berada pada kategori baik. Dibalik nilai minat beli mahasiswa pada aplikasi Shopee di Kota Bandung yang berada pada kategori baik, ada dimensi yang tidak berada pada kategori baik yaitu dimensi action. Dimensi tersebut masih berada pada kategori cukup baik karena responden masih memiliki keraguan untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan pada flash sale.

Deskripsi Alternatif :

Consumer purchase interest can be increased in various ways that can be applied by companies. One of the ways that Shopee is implementing to increase consumer buying interest is by providing promotions in the form of discounted prices that are held only for a certain time and a short period of promotion or what is called a flash sale. Shopee has seen this promotion method as an effective strategy for attracting consumer buying interest along with free shipping promotions. Based on this, a study aimed to determine the level of buying interest in students in the city of Bandung on the Shopee application with the flash sale promotion. The level of purchase interest is measured using four dimensions, according to Kotler and Keller (2012) including attention, interest, desire, and action. This study uses a descriptive research method and involves 120 respondents who are students using the Shopee application in Bandung based on the calculation of the unknow population formula supported by the theory of Fraenkel & Wallen (2009). Primary data in this study were obtained from filling out questionnaires, while secondary data were obtained from literature studies. Based on the results of descriptive statistical analysis using SPSS 17.0, it is known that the level of student buying interest in the Shopee application in Bandung is in a good category. Behind the value of student buying interest in the Shopee application in Bandung which is in the good category, there is a dimension that is not in the good category, namely the action dimension. This dimension is still in the fairly good category because respondents still have doubts about purchasing the products offered at the flash sale.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Marwansyah, S.E., M.Si., Ph.D., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...