Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Analisis Brand Trust Aplikasi Pesan Instan Whatsapp (Studi pada Pengguna Whatsapp di Bandung)

Brand Trust Analysis of Whatsapp Instant Messages App (Study on Whatsapp Users in Bandung)

Tugas Akhir, 040 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 12:05:04
Oleh : Faris Zikrurrahman - 185211043 (faris.zikrurrahman.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file

Keyword : Kepercayaan Merek, Aplikasi Pesan Instan, WhatsApp
Subjek : Brand Trust , Instant Messaging App, WhatsApp

Media sosial saat ini menjadi media yang banyak digemari karena dapat menyampaikan informasi dengan mudah dan cepat. Jenis media sosial yang banyak digunakan adalah aplikasi pesan instan. WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang banyak digunakan. Awal tahun 2021 menjadi malapetaka bagi WhatsApp saat mengeluarkan kebijakan mengenai perpindahan data privasi ke Facebook yang harus disetujui oleh penggunanya. Hal tersebut mengurangi kepercayaan penggunanya dan kompetitor-kompetitor WhatsApp mengalami peningkatan pengguna baru. Dari masalah tersebut dilakukan penelitian berjudul "Analisis Brand Trust Aplikasi Pesan Instan WhatsApp (Studi Pada Pengguna WhatsApp di Bandung)". Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi Brand Trust pengguna WhatsApp di Bandung. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dikatakan valid dengan r > 0,3 dan reliabel dengan cronbah's alpha > 0,7. Skala pengukuran kuesioner adalah skala likert dengan rentang nilai 1-5. Teknik sampel menggunakan non probability dengan purposive/judgement. Sampel penelitian sebanyak 125 responden. Metode analisis data adalah statistik deskriptif yang diolah dengan IBM SPSS Statistics 24. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kondisi kepercayaan merek WhatsApp adalah "baik" dengan nilai rata-rata 3,77. Dimensi tertinggi ditempati oleh karakteristik merek dengan nilai rata-rata 3,90 dan dimensi terendah adalah karakteristik perusahaan dengan nilai rata-rata 3,61.

Deskripsi Alternatif :

Social media is currently a popular medium because it can convey information easily and quickly. The type of social media that is widely used is instant messaging applications. WhatsApp is a widely used instant messaging application. The beginning of 2021 was disastrous for WhatsApp when it issued a policy regarding the transfer of privacy data to Facebook which must be approved by its users. This reduces the trust of its users and competitors-WhatsApp's competitors are experiencing an increase in new users. From this problem, a study entitled "Analysis of Brand Trust for WhatsApp Instant Messaging Applications (Study on WhatsApp Users in Bandung) was conducted". The purpose of this study was to determine the condition of Brand Trust of WhatsApp users in Bandung. This research method is descriptive with a quantitative approach. The research data sources consist of primary and secondary data. The research instrument used a questionnaire which was said to be valid with r > 0.3 and reliable with cronbah's alpha > 0.7. The measurement scale of the questionnaire is a Likert scale with a value range of 1-5. The sampling technique uses non-probability with purposive/judgment. The research sample was 125 respondents. The data analysis method is descriptive statistics processed with IBM SPSS Statistics 24. The results of data analysis show that the trust condition of the WhatsApp brand is "good" with an average value of 3.77. The highest dimension is occupied by brand characteristics with an average value of 3.90 and the lowest dimension is company characteristics with an average value of 3.61.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sholihati Amalia, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Download...