Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Teknik Sipil > Prodi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2012

PERANCANGAN PENAMBAHAN GARDU TOL PADA GERBANG TOL KOPO KOTA BANDUNG

DESIGNING ADDITIONAL OF THE TOLLBOOTH ON THE TOLL GATE KOPO KOTA BANDUNG

Tugas Akhir, 006 / 2012 / TPJJ
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:49
Oleh : Fiaza Rindonesa - 08124014
Dibuat : 2013-01-08, dengan 4 file

Keyword : GerbangTol, GarduTol, Detail Engineering Design (DED), MetodaPelaksnaan, danRencanaAnggaranBiaya (RAB)
Subjek : Toll Gate, Toll Booth, Detail Engineering Design (DED), Implementation Method, Budget Plan

Pada suatu system jaringan Jalan Tol kelambatan atau kemacetan sering terjadi di Pintu Gerbang keluar/masuk, khususnya pada saat pelayanan pembayaran tol. Dari tahun ketahun sejak mulai dioperasikannya jalan tol, pertumbuhan lalu lintasnya meningkat dengan cukup besar sehingga sering terjadi antrian yang panjang pada gerbang tol terutama pada jam-jam sibuk.Dari hasil studi kasus yang dilakukan (Fiaza Rindonesa, 2011) didapat bahwa Kebutuhan Gerbang Tol Kopo perlu ditambah. Penambahan Kebutuhan Gerbang Tol Kopo dilakukan dengan cara penambahan jumlah Gardu sebanyak 2 buah gardu + mengoperasikan kembali 1 gardu eksisting. Maksud dari penambahan gardu ini adalah untuk mengatasi Antrian dan mengatasi kapasitas gardu yang telah melebihi batas yang disyaratkan. Sehingga pada Tugas akhir ini dilakukan perancangan penambahan gardu tol. Pada perancangan ini menghasilkan Detail Engineering Design (DED), Metoda Pelaksanaan, dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan pada perancangan tersebut. Pada perancangan ini berpedoman dari spesifikasi umum pembangunan fasilitas jalan tol milik pihak Jasa Marga. Dari hasil perancangan ini didapat anggaran biaya yang dibutuhakanya itu sebesar Rp 1.707.152.546,44 sudah termasuk PPN sebesar 10 % dan termasuk keuntungan. Kata Kunci :Gerbang Tol, Gardu Tol, Detail Engineering Design (DED), Metoda Pelaksnaan, dan Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Deskripsi Alternatif :

On a toll road network system, slowness or congestion often occurs at the in or out gate, especially at payment toll service. Years since toll road starting to operate, traffic growth increased by large enough so that often happens long queue on toll gateespecially during rush-hour. From the result of case study (FiazaRindonesia, 2011) obtained that the needs of toll gate Kopo need to added. The need for the addition of toll gate Kopo done by adding the number of two tollbooths plus operate again one existing booth. The purpose of the addition of this booth is to resolve queue and booth capacity that has exceeded the limit. So in this final task, designing the addition of the toll booth is done. At this design produces Detail Engineering Design (DED), Implementation Method, and Budget Plan is needed in these design. In this design is guided by general specification of facility toll road construction of JasaMarga. This design results obtained budget cost Rp 1.707.152.546,44 and included tax at 10% and benefit.



Keywords : Toll Gate, Toll Booth, Detail Engineering Design (DED), Implementation Method, Budget Plan

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Mochamad Duddy Studyana, Ir., MT., Editor: Erlin Arvelina

Download...