Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Analisis Tingkat E-Loyalty Pelanggan Pada E-Commerce (Studi Pada Pengguna Situs Tokopedia di Bandung dan Cimahi)

Analysis Of Costumer Loyalty Level In E-Commerce (Study on Tokopedia Users in Bandung and Cimahi)

Tugas Akhir, 046 / 2019 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 09:20:29
Oleh : Fitri Febriani DJ - 165211048 (fitri.febriani.abs16@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file

Keyword : E-commerce, E-Loyalty, Tokopedia
Subjek : E-commerce, E-Loyalty, Tokopedia

Pada saat ini perkembangan teknologi semakin maju dengan menghasilkan perpaduan sistem perdagangan melalui situs jaringan internet atau dikenal dengan nama e-commerce. Perdagangan online yang berkembang saat ini yaitu marketplace yang merupakan situs penyedia toko online dimana transaksi jual beli dilakukan oleh penjual dan pembeli yang dilakukan secara online. Tokopedia merupakan salah satu situs toko online yang ada di Indonesia, selain itu Tokopedia merupakan toko online pelopor e-commerce melalui platform marketplace di Asia Tenggara. Hal yang perlu diperhatikan Tokopedia yaitu melayani kualitas pelayanan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan kemudian akan berdampak pada e-loyalty pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui e-loyalty pelanggan Tokopedia. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori Kotler & Keller serta Oliver. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengguna Tokopedia di Bandung dan Cimahi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel pengguna Tokopedia di Bandung dan Cimahi yang telah melakukan pembelian secara online. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden berdasarkan perhitungan rumus Wibisono. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat empat dimensi e-loyalty Tokopedia yang cukup tinggi yaitu cognitive, affective, conative, dan action. Sedangkan dimensi e-loyalty pelanggan Tokopedia yang termasuk dalam kategori cukup dan harus ditingkatkan yaitu cognitive, conative, dan action. Kata Kunci: E-commerce, E-Loyalty, Tokopedia.

Deskripsi Alternatif :

At this time the development of technology is increasingly advanced by generating a blend of trading systems through internet network sites, also known as e-commerce. Online commerce is currently developing, namely e-marketplace, which is an online shop provider site where buying and selling transactions are carried out by sellers and buyers that are done. Tokopedia is one of the online store sites in Indonesia, besides that Tokopedia is a pioneer e-commerce online store through a platform marketplace in Southeast Asia. Things that need to be considered by Tokopedia, which are concerned with the quality of service services in order to meet the needs and desires of customers, will then have an impact on customer e-loyalty. This study was conducted to determine Tokopedia customer e-loyalty. The theory used in this study are theory Kotler & Keller and Oliver. The research method used in this study is descriptive method with a quantitative approach. This research data uses primary data and secondary data. The population used in this study is Tokopedia users in Bandung and Cimahi. The sampling technique used was purposive sampling with a sample of Tokopedia users in Bandung and Cimahi who had made purchases online. The samples taken were 100 respondents based on the calculation of the Wibisono formula. The technique of collecting data using a questionnaire. The results of the descriptive analysis show that there are four Tokopedia e-loyalty dimensions which are quite low, namely cognitive, affective, conative, and action. While Tokopedia's customer e-loyalty dimensions are enough category and must be improved are cognitive, conative, and action. Keywords: E-commerce, E-Loyalty, Tokopedia.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...