Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Efektivitas Program Diklat Penunjang ITN (Individual Training Need) Pada Karyawan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat

Analysis Of The Effectiveness Of Individual Training Need Program In PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat

Tugas Akhir, 007 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-25 13:09:36
Oleh : Fitri Wahyuni - 175211010 (fitriwahyuni0199@gmail.com)
Dibuat : 2022-03-25, dengan 4 file

Keyword : behaviour, learning, human resource, reaction, result.
Subjek : behavior, learning, diklat, sumber daya manusia, reaction, result.

Berdasarkan data internal perusahaan, tercatat persentase jumlah keterlambatan karyawan saat datang ke kantor di PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat pada bulan Januari, Februari dan Maret 2020 berturut-turut 74,29%, 70,61% dan 79,22% dari jumlah total karyawan. Persentase tersebut tergolong tinggi dikarenakan melebihi dari setengah jumlah karyawan. Hal tersebut mencerminkan sikap tidak disiplin dalam bekerja. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, PT PLN (Persero) melaksanakan program pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kompetensi, pengetahuan, sikap, serta kepemimpinan karyawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dari program Pendidikan dan pelatihan penunjang ITN (Individual Training Needs) pada karyawan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dimensi reaction, learning, behavior, dan result. Penyajian data dilakukan dengan menggunakan perhitungan nilai rata-rata (mean), standar deviasi, nilai minimum dan nilai maksimum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan kuesioner yang disebarkan kepada 124 responden secara keseluruhan memperoleh hasil bahwa efektivitas diklat ITN (Individual Training Need) berada pada kriteria penilaian efektif dengan nilai mean yang diperoleh sebesar 3,05 dengan nilai standar deviasi sebesar 0,519 dengan persentase 17,01% dari nilai mean. Hal tersebut menunjukan bahwa data yang diperoleh memiliki tingkat keragaman yang rendah dan berada pada kondisi âbaik. Sedangkan untuk dimensi dengan nilai mean tertinggi yaitu dimensi learning dengan nilai mean sebesar 3,15 sedangkan dimensi terendah yaitu dimensi behavior dengan nilai mean sebesar 2,93. Terdapat beberapa indikator yang memiliki kriteria penilaian “cukup efektif yaitu indikator kedisiplinan dengan nilai mean 2,79, indikator kepatuhan dengan nilai mean 2,80, indikator metode pembelajaran dengan nilai mean 2,75 dan indikator materi dengan nilai mean 2,76. Untuk mengatasi nilai hal tersebut perusahaan perlu melakukan evaluasi kembali sehingga pelatihan yang dilaksanakan dapat memberikan hasil yang efektif bagi karyawan.

Deskripsi Alternatif :

Based on the company's internal data, the percentage of tardy employees at PT PLN (Persero) West Java Distribution Main Unit in January, February and March 2020 was 74.29%, 70.61% and 79.22%, respectively. employees. This percentage is considered high because it is more than half the number of employees. This reflects an undisciplined attitude at work. In order to improve the quality of human resources, PT PLN (Persero) implements education and training programs aimed at improving employee skills, competencies, knowledge, attitudes, and leadership. The purpose of this study is to determine the effectiveness of the ITN (Individual Training Needs) and training program for employees of PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat. The research method used in this research is descriptive analysis with a quantitative approach. The dimensions used in this study are the dimensions of reaction, learning, behavior, and results. Data presentation is done by using the calculation of the average value (mean), standard deviation, minimum value and maximum value. The data collection technique used is by collecting questionnaires distributed to 124 respondents. Overall, the results show that the effectiveness of ITN (Individual Training Need) training is in the effective assessment criteria with a mean value of 3.05 with a standard deviation of 0.519 with a percentage of 17 , 01% of the mean. This shows that the data obtained has a low level of diversity and is in a "good" condition. Meanwhile, the dimension with the highest mean value is the learning dimension with a mean value of 3.15 while the lowest dimension is the behavior dimension with a mean value of 2.93. There are several indicators that have “quite effective” assessment criteria, namely discipline indicators with a mean value of 2.79, compliance indicators with a mean value of 2.80, indicators for learning methods with a mean value of 2.75 and material indicators with a mean value of 2.76. To overcome this value, the company needs to re-evaluate so that the training carried out can provide effective results for employees.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Mukaram, S.E., M.Ed.M., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...