Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021
Pembuatan SOP Penanganan Peserta Magang pada Bagian Customer Service di PT Berbagi Bintang Teknologi
The Making of SOP Handling of Internship Participants on the Customer Service in PT Berbagi Bintang Teknologi
Tugas Akhir, 043 / 2021 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 12:19:32
Oleh : Frida Yunia Sukarni - 185211046 (frida.yunia.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file
Keyword : Standard Operating Procedure (SOP), peserta magang, customer service
Subjek : Standard Operating Procedure (SOP), apprentices, customer service
Setiap perusahaan pasti memerlukan Standard Operating Procedure (SOP) untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu, termasuk di PT Berbagi Bintang Teknologi. Pendaftar magang di perusahaan tersebut mencapai 1000 pendaftar pertahunnya dan yang terbanyak adalah pendaftar magang secara online. Melakukan pengawasan kepada peserta magang secara online tentunya lebih sulit. Selain itu, program magang perusahaan menentukan citra perusahaan dalam pandangan masyarakat. Semakin banyaknya peserta magang maka perusahaan harus semakin meningkatkan pelayanan dalam program magangnya tersebut. Sebelumnya perusahaan belum memiliki SOP mengenai bagaimana cara mengatasi peserta magang yang tidak ada kabar dan bagaimana menangani keluhan dari peserta magang. Mengingat hal tersebut diperlukan adanya SOP penanganan peserta magang yang tidak ada kabar dan SOP penanganan keluhan peserta magang untuk mempermudah pekerjaan customer service. Dalam proyek ini dijelaskan mulai dari kondisi awal, tahap perancangan, pembuatan SOP sampai dengan uji coba dan pembahasannya. SOP yang telah dibuat berdampak positif dilihat dari SOP tersebut yang berdasarkan dari 4 poin yakni pemahaman customer service, efektivitas, waktu dan dokumen. Kata kunci: Standard Operating Procedure (SOP), peserta magang, customer service.
Deskripsi Alternatif :Every company definitely needs a Standard Operating Procedure (SOP) to do a certain job, including at PT Berbagi Bintang Teknologi. Apprentices for internships at the company reach 1000 registrants per year and the most are online internship registrants. Supervising apprentices online is certainly more difficult. In addition, the company's internship program determines the company's image in the public. The more the number of apprentices, the company must further improve services in the internship program. Previously, the company did not have an SOP on how to deal with interns who had no news and how to handle complaints from interns. Given this, it is necessary to have an SOP for handling interns who have no news and an SOP for handling complaints from apprentices to make customer service work easier. In this project, it is explained starting from the initial conditions, the design stage, making SOPs to testing and discussing them. The SOP that has been made has a positive impact that can be seen from the SOP trial which is based on 4 points, namely understanding customer service, effectiveness, time and documents. Keywords: Standard Operating Procedure (SOP), apprentices, customer service.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Drs. Mukaram, S.E., M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 185211046.pdf
(2116663 bytes)
File : BAB 1 - 185211046.pdf
(229293 bytes)
File : BAB 2 - 185211046.pdf
(666179 bytes)
File : BAB 5 - 185211046.pdf
(1657527 bytes)