Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Teknik Elektro > Program Studi Teknik Elektronika > 2017

Sistem Interlocking Persinyalan Berbasis PLC Dengan Metode HSB (Hot Standby) Vital Safety Critical System

PLC Based For Interlocking Signalling System Using HSB (Hot Standby) Method Vital Safety Critical System

Tugas Akhir, 008 / 2017 / EK
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:19
Oleh : Fuad Baridin Faisal - 131354008 (fuadbaridinfaisal@yahoo.co.id)
Dibuat : 2017-11-08, dengan 4 file

Keyword : Hot Standby, Interlocking, Safety, redudansi, PLC, Persinyalan
Subjek : Hot Standby, Interlocking , Safety, redudansi

System interlocking (penguncilan) adalah suatu sistem persinyalan elektrik yang terdiri dari komputer khusus yang didesain untuk keselamatan perjalanan kereta api pada saat kedatangan dan pemberangkatan kereta api. System interlocking ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur dan mencegah terjadinya kecelakaan pada lalu lintas kereta api di sebuah stasiun. System interlocking yang digunakan saat ini masih menggunakan dua buah prosesor dengan satu saluran transmisi yang bekerja secara bergantian dan apabila terjadi kerusakan pada saluran transmisi maka prosesor tidak bisa melakukan pengolahan data. Selain itu system yang saat ini digunakan tidak dilengkapi oleh proses check and recheck data sehingga jika terjadi kerusakan pada data input maka data akan tetap di proses, hal tersebut akan memberikan informasi data yang salah dan akan membahayakan lalu lintas kereta api. Data yang dikirimkan hanya melalui satu saluran transmisi memiliki nilai akurasi yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah simulator interlocking dengan menggunakan metode HSB (HOT STANDBY) . Metode tersebut akan menghasilkan pembanding data dari dua buah sensor dan dua buah saluran transmisi dengan objek data yang sama, sehingga data yang dibutuhkan akan lebih akurat. Hasil uji sistem menunjukan saat terjadi gangguan pada salah satu CPU PLC maka sistem akan tetap aktif karena PLC cadangan selalu standby untuk menggantikan peran CPU yang mengalami gangguan dan kerusakan, selain itu jika input data yang dikirimkan dari dua sensor di lapangan berbeda, maka data tersebut tidak akan dieksekusi, karena menandakan bahwa ada kerusakan komponen atau kesalahan pembacaan pada sensor yang akan membahayakan lalu lintas kereta api di stasiun. untuk itu hasil Penelitian ini akan meningkatkan keselamatan lalu lintas kereta api pada sebuah stasiun. Kata Kunci: Hot Standby, Interlocking, Safety, redudansi, PLC, Persinyalan.

Deskripsi Alternatif :

Interlocking system is an electrical signaling composed of special computer designed for the safety of train travel on arrival and departue of train. This Interlocking System has a very crucial role in organizing and preventing accident on train traffic at a railway station. Nowadays, the current Interlocking system still uses two processors with one transmission line which work interchangeably and if there is damage to the transmission line, the processors are unable to process the data. In addition, the current Interlocking system is not equipped by checking and rechecking process data, so the process still continued when the input data is error, it will provide the incorrect data information and endanger train traffic. Data transmitted through only one transmission line has a low accuracy value. The aim of this research is to create an Interlocking simulator using HSB (HOT STANDBY) methods. The method will show the comparison data from 2 censors and 2 transmission lines at the same data object, so the result of data will be more accurate. The result of the system test shows when there is interference to one of PLC CPU, the system will remain active because the backup of PLC is always standby to replace the role of CPU that experienced interference and damage, otherwise if data transmitted from 2 cencors in the field is different, the data won’t be execute, it signs mafunction of componen or error of censor reading that will endanger train traffic at railway station. Therefore, the result of this research will improve the safety of train traffic at a railway station. Keywords: Hot Standby, Interlocking , Safety, redudansi.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Ir. Edi Rakhman, M.Eng.


    Pembimbing 2: Dr. Dra. Peni Handayani, S.T., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...