Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Komputer dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika > REGULER > 2016
Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Hewan
Implementation of Augmented Reality Technology as a Medium to Introduce Animals
Tugas Akhir, 013 / 2016 / JTKUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-05-23 11:10:48
Oleh : Galuh Stya Perdana - 131511040, Rachmat Fauzi Ramadhani - 131511053, Rahmat Zulfikri - 131511054 (galuh.157@gmail.com; rachmat.fauzi.ramadhani@gmail.com; rahmatzulfikri795@gmail.com)
Dibuat : 2017-05-23, dengan 4 file
Keyword : Augmented Reality, Microsoft Kinect, Skeletal Tracking, Focal Length, Field of View
Subjek : Augmented Reality, Microsoft Kinect, Skeletal Tracking, Focal Length, Field of View
Tugas akhir ini berkaitan dengan penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai media pengenalan hewan. Aplikasi yang ada saat ini masih terbatas pada menampilkan objek dan deskripsi hewan saja. Anak-anak usia 3 sampai 6 tahun pada umumnya lebih tertarik datang ke kebun binatang untuk melihat dan berinteraksi dengan hewan secara langsung, namun terbatasnya kebun binatang yang ada di Indonesia menjadikan kebun binatang menjadi media pengenalan hewan yang sulit dijangkau. Maka dari itu dibuat aplikasi pengenalan hewan yang dapat menjembatani interaksi pengguna dengan objek hewan dengan menggunakan teknologi augmented reality. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, digunakan perangkat pendukung seperti webcam dan Microsoft Kinect yang merupakan alat sensor gerak yang dapat menangkap gerakan dari pengguna serta monitor/proyektor yang berfungsi sebagai alat output. Selain menjembatani interaksi dengan pengguna, aplikasi ini disyaratkan agar dapat memberikan informasi mengenai objek hewan sesuai dengan keinginan anak-anak yang disampaikan melalui media audio. Dalam penerapannya, terdapat tiga hewan yang dijadikan model augmented yaitu gajah, singa, dan beruang yang diperoleh dari Unity3d Asset. Aplikasi tersebut diatas telah selesai dibangun dan telah diuji coba. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi telah dapat menjembatani interaksi pengguna dan memberikan informasi mengenai objek hewan sesuai dengan keinginan anak-anak. Namun, aplikasi memiliki keterbatasan pada objek hewan yang dimiliki. Untuk pengembangan aplikasi selanjutnya, diharapkan objek hewan yang dimiliki tidak bergantung pada asset yang tersedia pada Unity3D. Kata kunci: Augmented Reality, Microsoft Kinect, Skeletal Tracking, Focal Length, Field of View.
Deskripsi Alternatif :The final project is concerned with the implementation of Augmented Reality technology as a medium for the introduction of the animals. The current applications still limited to displaying objects and descriptions of animals. Children between 3 to 6 years are generally more interested in coming to the zoo to see and interact with the animals directly. But due to the limited number of the zoo in Indonesia, the zoos are difficult to reach. Therefore animal introduction application were made to help people interact with the animal object by using augmented reality technology. To meet these needs, supporting devices are used such as a webcam and Microsoft Kinect as a motion sensor device to capture the movement of the user, and the monitor / projector that acts as the output device. In addition, the application can provide information about the object of the animal in accordance with the wishes of children delivered via audio. In the application, there are three animals were used as an augmented model namely elephants, lions, and bears obtained from Unity3D asset. The application has been built successfully and have been tested. The test shows the application can help user to interact with animals object and provide information of an animal based on the children wishes. However, the application has a limitation to the animal augmented object. For further application development, it is expected that the animal augmented object does not rely only on the asset provided by Unity3D. Keywords: Augmented Reality, Microsoft Kinect, Skeletal Tracking, Focal Length, Field of View.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Yudi Widhiyasana, S.Si., M.T.
Pembimbing 2: Irwan Setiawan, S.Si., M.T., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 131511040, 131511053, 131511054.pdf
(621032 bytes)
File : BAB 1 - 131511040, 131511053, 131511054.pdf
(250407 bytes)
File : BAB 2 - 131511040, 131511053, 131511054.pdf
(495343 bytes)
File : BAB 7 - 131511040, 131511053, 131511054.pdf
(211678 bytes)