Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Electronic Service Quality pada E-Commerce (Studi pada Konsumen Sociolla di Kota Bandung)

Analysis of Electronic Service Quality on E-Commerce (Study on Sociolla Consumers in Bandung)

Tugas Akhir, 035 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-30 11:48:21
Oleh : Ghassani Salsabil Adlia - 175211038 (ghassani.salsabil.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-30, dengan 4 file

Keyword : e-service quality, e-commerce, online shopping
Subjek : e-service quality, e-commerce, belanja online

Pesatnya perkembangan teknologi membawa dampak terhadap pola hidup masyarakat, seperti halnya penggunaan internet yang digunakan dalam berbagai aktivitas, termasuk untuk melakukan kegiatan berbelanja secara online. Media yang digunakan dalam aktivitas belanja online adalah situs-situs jual-beli online atau lebih dikenal dengan e-commerce. Di Indonesia, Sociolla merupakan salah satu e-commerce terbesar dan terpopuler yang menjual berbagai produk kecantikan. Namun, Sociolla mengalami penurunan jumlah pengunjung yang drastis pada tahun 2019 sampai dengan 2020. Selain itu, ditemukan banyak keluhan pelanggan akan pelayanan yang diberikan Sociolla. Dilakukannya penelitian dengan judul “Analisis Electronic Service Quality pada E-Commerce (Studi pada Konsumen di Kota Bandung)” bertujuan untuk mengetahui bagaimana e-service quality pada e-commerce Sociolla. E-service quality diukur menggunakan tujuh dimensi menurut Parasuraman et al., dalam Zhou (2018) yang meliputi efficiency, fulfilment, system availability, privacy, responsiveness, compensation, dan contact. Dalam penelitian ini, digunakan metode deskriptif dan melibatkan 100 responden yang merupakan pengguna Sociolla yang pernah melakukan transaksi. Data primer dalam penelitian ini didapatkan dari hasil kuesioner, sedangkan data sekunder dari studi literatur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa e-service quality pada e-commerce Sociolla berada pada kategori baik, yang artinya pelayanan yang diberikan Sociolla mampu memenuhi harapan pelanggan. Hasil statistik juga menunjukkan bahwa dimensi efficiency memiliki nilai mean tertinggi yang berarti kualitas terkait dimensi efficiency yang diberikan Sociolla dinilai paling memenuhi harapan pelanggan, sedangkan dimensi compensation memiliki nilai mean terendah yang berarti pelanggan Sociolla belum sepenuhnya merasa puas akan layanan kompensasi yang diberikan.

Deskripsi Alternatif :

The growth of technology brings an impact on people’s lifestyle, such as the use of the internet in various activities, including online shopping. The media used in online shopping activities is online buying and selling sites or better known as e-commerce. In Indonesia, Sociolla is one of the largest and most popular e-commerce that sells various beauty products. However, Sociolla experienced a drastic decrease of visitors from 2019 until 2020. Moreover, there are many complaints from the customers about the services provided by Sociolla. The study entitled “Analysis of Electronic Service Quality on E-Commerce (Study of Sociolla Consumers in Bandung)” aims to see the electronic service quality in Sociolla. The dimensions used in this study according to Parasuraman et al., in Zhou (2018) are efficiency, fulfillment, system availability, privacy, responsiveness, compensation, and contact. The research method is descriptive which involved 100 respondents who were Sociolla users who had made transactions berofe. Primary data in this study were obtained from questionnaires, while secondary data were obtained from literature studies. The results of this study indicate that the e-service quality at Sociolla is in the good category, which means that the services provided by Sociolla are able to meet customer expectations. The statistical results also show that efficiency is the dimension with the highest mean value which means that the quality given by Sociolla related to efficiency is considered to be the most satisfying to customers, while compensation has the lowest mean value which means that Sociolla customers are not completely satisfied with the service related to compensation.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sholihati Amalia, S.Sos., M.Pd., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...