Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Analisis Kualitas Pelayanan Transportasi Online Maxim di Kota Bandung

Analysis of Service Quality of Online Transportation Maxim in Bandung

Tugas Akhir, 010 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-18 12:14:06
Oleh : Gina Ismatul Asna - 185211009 (gina.ismatul.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-18, dengan 4 file

Keyword : Kualitas Pelayanan, Transportasi Online, Maxim
Subjek : Quality of Service, Online Transportation, Maxim

Pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan moda transportasi dalam kehidupan masyarakat, telah memicu kreativitas dan inovatif perusahaan layanan transportasi. Salah satu inovasi yang diciptakan perusahaan transportasi yaitu transportasi berbasis online yang dapat digunakan pada satu genggaman smartphone. Maxim merupakan salah satu penyedia jasa transportasi online asal Rusia yang telah memberikan jasa pelayanan nya sejak tahun 2018 di Indonesia dan telah beroperasi di kota Bandung sejak tahun 2020. Sebelum adanya Maxim di Indonesia telah hadir beberapa perusahaan pesaing dalam bidang transportasi online seperti Grab dan Gojek. Salah satu aspek yang hendak diperhatikan agar mampu bersaing yaitu aspek kualitas pelayanan yang diberikan. Saat ini berdasarkan ulasan pada Google Play Store masih banyak pengguna Maxim yang mengeluhkan terkait kualitas pelayanan Maxim yang diberikan, sehingga perlu adanya analisis kualitas pelayanan transportasi online Maxim yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing transportasi online Maxim di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan transportasi online Maxim di Kota Bandung serta mengetahui dimensi terendah dan dimensi tertinggi dari kualitas pelayanan transportasi online Maxim di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dengan google-form pada 180 responden. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kualitas pelayanan pada transportasi online Maxim di Kota Bandung berada pada kriteria penilaian baik. Dimensi dengan nilai tertinggi yaitu dimensi assurance dan dimensi dengan nilai terendah yaitu dimensi empathy. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Transportasi Online, Maxim.

Deskripsi Alternatif :

The rapid development of technology and the increasing need for transportation modes in people's lives, has triggered creativity and innovative transportation service companies. One of the innovations created by transportation companies is online-based transportation that can be used on a single smartphone. Maxim is one of the Russian online transportation service providers that has been providing its services since 2018 in Indonesia and has been operating in the city of Bandung since 2020. Before Maxim in Indonesia, there were several competitor companies in the field of online transportation such as Grab and Gojek. One of the aspects that must be considered in order to be able to compete is the quality aspect of the services provided. Currently based on reviews on the Google Play Store there are still many Maxim users who complain about the quality of Maxim services provided, so there needs to be an analysis of the quality of Maxim's online transportation services that can be used to improve the competitiveness of Maxim's online transportation in Bandung. The purpose of this research is to find out how the quality of Maxim online transportation services in the city of Bandung and know the lowest dimensions and the highest dimensions of maxim online transportation service quality in the city of Bandung.The research method used in this study is descriptive analysis with quantitative approach. Data collection is done by disseminating questionnaires with google-form to 180 respondends. The results of this study stated that the quality of service on Maxim online transportation in Bandung is on good assessment criteria.Dimensions with the highest value are assurance dimensions and dimensions with the lowest value that is empathy dimension. Keywords: Quality of Service, Online Transportation, Maxim.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ivon Sandya Sari Putri, S.ST., MBA., Editor: Erlin Arvelina

Download...