Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Mesin > Program Studi Teknik Mesin > 2013
Rancang Bangun Alat Pelumas Otomatis Rantai Sepeda Motor Berbasis Sistem Kontrol Elektris
Design and Manufacturing of Automatic Motorcycle Chain Oiler Based on Electrically Control System
Tugas Akhir, 022 / 2013 / TMEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-03-22 11:54:46
Oleh : Gultom Tumpal Dwi Mario Ridwan - 101211016 & Hadi Fahmi Wijaya - 101211076 (mariogultom@rocketmail.com; hadifahmiwijaya@yahoo.com)
Dibuat : 2017-03-22, dengan 4 file
Keyword : sistem otomasi, sensor mekanik, central locking module
Subjek : automation system, mechanical sensor, central locking module
Saat ini sistem otomasi merupakan hal yang sudah tidak terbantahkan lagi dalam dunia mesin karena pergerakan mesin yang diatur oleh sistem otomasi memiliki tingkat ketelitian dan konsistensi yang lebih tinggi dibandingkan bila dikerjakan secara manual oleh manusia. Pada penyusunan tugas akhir ini, aplikasi otomasisasi diterapkan pada sistem pelumasan kendaraan, yaitu pelumasan rantai sepeda motor. Sistem kendali yang terkontrol dengan baik, akan menciptakan pelumasan yang efektif dan efisien bagi performa mesin. Metodologi penyelesaian masalah pada penyusunan tugas akhir ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu tahap perancangan, pembuatan dan instalasi serta pengujian. Mini kompresor ditempatkan pada bagasi motor digunakan untuk mensuplai udara bertekanan melalui selang yang akan dirangkai pada rangka motor menuju tabung oli dan kemudian ke nozzle. Sistem pengontrolan diatur secara elektris oleh odometer sebagai sensor mekanik yang disambung dengan kabel central locking module. Central locking module ini berfungsi untuk mengatur durasi penyemprotan pelumas. Hasil akhirnya adalah pelumasan yang merata dengan durasi waktu pelumasan selama 6 detik serta sesuai dengan sinyal input yang diatur oleh sensor agar sistem pelumasan dapat terkontrol dengan baik dan aman. Kata kunci: sistem otomasi, sensor mekanik, central locking module.
Deskripsi Alternatif :Now, automation system is already undisputed in the world's engine because the movement of the machine being managed by the automation system has a level of accuracy and consistency that is higher than when done manually by humans. In the preparation of this final project, automation system applied in vehicle lubrication system, the motorcycle chain lubrication. Control system which is well controlled, will create effective and efficient lubrication for engine performance. Problem solving methodology in the preparation of this thesis is divided into several phases: design, manufacture and installation and testing. Mini compressor is placed on the trunk of the motor is used to supply pressurized air through a hose that will be assembled on the frame of the bike to the oil tube and then to the nozzle. Electrical control system regulated by the odometer as mechanical sensors which are connected with central locking module cable. Central locking module serves to adjust the duration of spraying lubricant. The final result is a uniform lubrication with lubrication time duration for 6 seconds and in accordance with the input signal is governed by the lubrication system of sensors that can be controlled properly and safely. Keywords: automation system, mechanical sensor, central locking module.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Ir. Mokhamad Munir Fahmi, M.T.
Pembimbing 2: Eri Supriyanto, S.ST., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 101211016 & 101211076.pdf
(872394 bytes)
File : BAB 1 - 101211016 & 101211076.pdf
(248749 bytes)
File : BAB 2 - 101211016 & 101211076.pdf
(657035 bytes)
File : BAB 5 - 101211016 & 101211076.pdf
(240052 bytes)