Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Akuntansi > Program Studi Akuntansi > 2021

Analisis Perhitungan Cost-Volume-Profit (CVP) sebagai Dasar Perencanaan Laba pada UMKM Obot Fried Chicken

Analysis Of Cost-Volume-Profit (CVP) Calculation as the Basis of Profit Planning on UMKM Obot Fried Chicken

Tugas Akhir, 043 / AKU / 2021
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-05-08 14:37:02
Oleh : Guruh Ardana Putra Perdana - 185111044 (guruh.ardana.akun18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-05-08, dengan 4 file

Keyword : Harga Jual, Perencanaan Laba, Analisis Cost-Volume-Profit
Subjek : Selling Price, Profit Planning, Analysis Cost-Volume-Profit

Pandemi covid-19 membawa pengaruh terhadap segala aspek kehidupan tidak terkecuali ekonomi. Di Indonesia sendiri, yang paling terkena dampak pandemi covid-19 adalah UMKM. Terbatasnya kegiatan yang dapat dilakukan menyebabkan berkurangnya penjualan. Meski di tengah kondisi keterbatasan, sebagai UMKM tentunya ingin mendapat laba yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga jual produk yang seharusnya dan jumlah produk yang harus dijual agar mendapat laba yang diharapkan pada UMKM Obot Fried Chicken dengan menggunakan analisis cost-volume-profit. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan alat analisis seperti Marjin Kontribusi, Break-even point, Leverage Operasi, Marjin Keamanan, Analisa Perencanaan Laba dan Penetapan Harga Jual pada UMKM Obot Fried Chicken. Hasil penelitian ini menunjukkan harga jual yang ditetapkan sudah tepat untuk mencapai target laba sebesar 30%. Dengan target laba sebesar 30%, UMKM Obot Fried Chicken harus dapat menargetkan penjualan produk sebanyak 14.557 pcs dengan target penjualan dalam rupiah sebesar Rp. 87.341.090 Kata Kunci: Harga Jual, Perencanaan Laba, Analisis Cost-Volume-Profit.

Deskripsi Alternatif :

The COVID-19 pandemic has affected all aspects of life, including the economy. In Indonesia, the most affected by the COVID-19 pandemic are MSMEs. The limited activities that can be carried out lead to reduced sales. Even in the midst of limited conditions, as an MSME, of course, you want to get optimal profits. This study aims to determine the selling price of the product that should be and the number of products that must be sold in order to get the expected profit on Obot Fried Chicken SMEs by using analysis cost-volume-profit. The type of research used is descriptive using analytical tools such as Contribution Margin, Break-even point, Operational Leverage, Margin of Safety, Profit Planning Analysis and Selling Price Determination at Obot Fried Chicken SMEs. The results of this study indicate that the selling price set is right to achieve the profit target of 30%. With a profit target of 30%, UMKM Obot Fried Chicken must be able to target product sales of 14.557 pcs with a sales target in rupiah of Rp.87.341.090 Keywords: Selling Price, Profit Planning, Analysis Cost-Volume-Profit.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Endah Dwi Kusumastuti, S.ST., M.Sc., Editor: Erlin Arvelina

Download...