Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2017

Analisis Kompetensi Dan Kepercayaan Konsumen Pada Tenaga Penjual Guna Mencapai Kepuasan Konsumen

The Analysis of Competency and Customer Trust to Achieve Customer Satisfaction

Tugas Akhir, 012 / 2017 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-01-26 15:17:45
Oleh : Hana Azalea Indrastuti - 145231012 (hanaazalea46@yahoo.com)
Dibuat : 2017-11-17, dengan 4 file

Keyword : Kinerja tenaga penjual, kompetensi, kepercayaan dan kepuasan konsumen
Subjek : Salesforce performance, sales competency, customer trust and customer satisfaction

Ketatnya persaingan dunia bisnis dapat memicu adanya penurunan volume penjualan suatu perusahaan. Hal ini terjadi pada PT. Putri Daya Usahatama Depo Cimareme yang mengalami penjualan secara fluktuatif bahkan terjadinya penurunan penjualan. Menurunnya volume penjualan mengindikasikan adanya penurunan kinerja tenaga penjual dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi dan kepercayaan konsumen terhadap tenaga penjual guna mencapai kepuasan konsumen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuisioner kepada 202 outlet tradional menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif dan sedang antara kompetensi dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen, dimana dimensi salesmanship skill dan ability memiliki hubungan dan pengaruh yang signifikan bila dibandingkan dimensi lainnya. Namun, apabila dilihat dari dimensi kompetensi tenaga penjual, konsumen lebih menyukai apabila seorang tenaga penjual memiliki kemampuan untuk memprentasikan penjualan dengan baik, sedangkan dari dimensi kepercayaan, konsumen cenderung lebih menyukai adanya kebaikan hati tenaga penjual untuk melakukan penataan barang ditoko. Untuk itu luaran dari penelitian ini adalah membuat program pelatihan bagi tenaga penjual. Kata Kunci: Kinerja tenaga penjual, kompetensi, kepercayaan dan kepuasan konsumen.

Deskripsi Alternatif :

The tight competition of the business caused a decrease in sales volume of a company. This happened at PT. Putri Daya Usahatama Depo Cimareme, which is experienced a fluctuating sales and even a decreasing in sales. Reduced sales volume indicates a decline in salesperson's performance in meeting the needs and desires of customers. This study aims to analyze the skill and customer trust of salesperson to achieve customer satisfaction. The research data was collected by using quantitative approach through questionnaires distribution to 202 outlets traditional using purposive sampling technique. The results show that there is a positive and intermediate relationship between sales skill and customer trust toward customer satisfaction, where the dimensions of salesmanship skills and ability have a significant relationship and influence on satisfaction when it is compared to other dimensions. However, when the result is viewed from the dimensions of sales skill, customers prefer that salesperson should have ability a good sales presentation, while from the dimension of trust, customers tend to prefer the benevolence to organize merchandise at the store. The output of this study is to create a training program for salespeople. Keywords: Salesforce performance, sales competency, customer trust and customer satisfaction.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Lusianus Kusdibyo, M.B.A., Editor: Erlin Arvelina

Download...