Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2017 > REGULER
Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Pengawasan Program Pemberian Pinjaman Untuk UKM PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung
Making Standard Operating Procedure (SOP) Supervision Of Lending Program For UKM PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung
Tugas Akhir, 044 / 2017 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-02-23 08:25:38
Oleh : Hani Hanafiah - 145211045 (hanihanafiah15@gmail.com)
Dibuat : 2018-01-26, dengan 4 file
Keyword : CDC, Pengawasan, Program Kemitraan, SOP, UKM
Subjek : CDC, Supervision, Partnership Program, SOP, SME
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk merupakan salah satu BUMN di Indonesia yang menyelenggarakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Unit yang bertanggung jawab dalam pengelolaan PKBL di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah unit Community Development Center (CDC). Unit CDC di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung hanya menjalankan Program Kemitraan. Program Kemitraan merupakan program yang memberikan bantuan pinjaman dana untuk UKM. Pelaku UKM yang mendapatkan bantuan pinjaman dana dari Telkom disebut mitra binaan. Setelah mitra binaan mendapatkan bantuan pinjaman, mitra binaan tersebut berkewajiban melakukan angsuran pembayaran dalam waktu 2 tahun. Dalam proses kegiatannya, terdapat mitra binaan yang usahanya mengalami permasalahan, namun dikarenakan kurangnya tindakan pengawasan karena tidak adanya prosedur kerja, mengakibatkan adanya penundaan tindakan penagihan dan kurangnya pemantauan terhadap perkembangan usaha. Kemudian akan mengakibatkan pembayaran angsuran mitra tersebut menjadi macet hingga bermasalah. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka diperlukan adanya prosedur kerja dalam pelaksanaan pengawasan Program Kemitraan agar kegiatan pelaksanaan pengawasan Program Kemitraan berjalan dengan lancar dan tersusun dengan efektif. Maka dari itu, perlu dibuat Standard Operating Procedure (SOP) pada kegiatan pengawasan Program Kemitraan agar kegiatan pengawasan dapat dilakukan dengan terstruktur. Dalam pembuatannya, SOP dibuat dengan menggunakan format flowchart (diagram alir). Hasil dari SOP ini berupa buku panduan SOP pengawasan Program Kemitraan di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Setelah dibuat SOP ini, kegiatan pengawasan Program Kemitraan di unit CDC menjadi lebih efektif dan efisien.
Deskripsi Alternatif :PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk is one of the BUMNs in Indonesia that organizes Partnership Program and Community Developmen (PKBL). The unit responsible for the management of PKBL in PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk is the Community Development Center (CDC) unit. CDC unit at PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung only run Partnership Program. Partnership Program is a program that provides loan assistance for SMEs. The perpetrators of SMEs who get loan assistance from Telkom are called partners. Once the assisted partners receive loan assistance, the assisted partners are obliged to make payment installments within 2 years. In the process of its activities, there are partners whose business is experiencing problems, but due to lack of supervisory action due to lack of work procedures, resulting in delayed collection actions and lack of monitoring of business development. Then it will result in the installment partner's payment to become stuck until problematic. To overcome this problem, it is necessary to work procedures in the implementation of supervision of Partnership Program so that the implementation of supervision of Partnership Program runs smoothly and effectively arranged. Therefore, it is necessary to make Standard Operating Procedure (SOP) in Partnership Program supervision activities so that supervision activities can be done in a structured manner. In the making, SOP is made by using flowchart format. The result of this SOP is a guidance book of SOP for Partnership Program supervision in PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. After this SOP is established, the Partnership Program supervision activities in CDC units become more effective and efficient.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Ermina Tiorida, SE., M.Si, Editor: Mahasiswa Kompen
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 145211045.pdf
(385568 bytes)
File : BAB 1 - 145211045.pdf
(200245 bytes)
File : BAB 2 - 145211045.pdf
(219980 bytes)
File : BAB 4 - 145211045.pdf
(92260 bytes)