Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Teknik Sipil > Prodi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2015 > NON-REGULER

Perancangan Penanganan Jangka Pendek Geometrik Simpang di SPK Setrasari Kota Bandung

The Intersection Geometric Design for Short-Term Treatment at Setrasari Districk in Bandung City

Tugas Akhir, 003 / 2015 / TPJJ-PPL
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:06:05
Oleh : Harwin Barinda Utama - 121137006 (harwinbarinda72@gmail.com)
Dibuat : 2017-08-01, dengan 4 file

Keyword : SPK Setrasari, simpang, geometrik, arus lalu lintas
Subjek : Setrasari District, intersection, geometric, traffict flow

Kawasan SPK Setrasari merupakan salah satu kawasan pengembangan kota Bandung. Dikawasan tersebut terdapat 3206 jumlah simpang dikawasan SPK Setrasari. Dari jumlah simpang yang ada 7,61 % simpang tidak sesuai dengan acuan teknis Bina Marga. Maka dari itu dilakukan analisis 10 (sepuluh) simpang untuk mengoptimalisasi kinerja simpang dikawasan SPK Setrasari dari segi geometrik dan arus. Dalam sistem jaringan pada tinjauan tugas akhir ini terdapat tiga simpang tidak bersinyal dan 7 simpang bersinyal. Dari 10 simpang yang ditinjau didapatkan nilai derajat kejenuhan yang besar, maka dilakukan perancangan geometrik dan arus guna memperbaiki kondisi simpang tersebut. Dan akan dipilih 1 (satu) simpang yang dihitung kebutuhan biayanya sehingga menjadi dasar acuan perbandingan untuk pengoptimalisasian simpang yang lainnya. Simpang yang terpilih yaitu simpang no 8 pada pertemuan ruas Jl. Pasir Kaliki dengan ruas Jl. Prof. Eikman Dengan biaya yang dibutuhkan untuk mengoptmalisasikan simpang tersebut sebesar Rp.6,037,932,000.00 dengan waktu lama pengerjaan 80 hari. Kata Kunci: SPK Setrasari, simpang, geometrik, arus lalu lintas.

Deskripsi Alternatif :

Setrasari District is the one of Bandung development area. There are 3206 intersections in the Setrasari District. From the number of existing intersection, 7.61% intersection were not in accordance with the reference of Bina Marga technical. So the analysis of 10 (ten) intersections is need to optimize the intersection performance of Setrasari District in terms of the geometric and traffic flow. In the network system on the observed of this thesis, there are three signalized intersections and seven signalized intersections. From the observed 10 intersections that obtained the high degree of saturation, then performed the design of geometric and traffic flow to improve the intersection condition. And will be chosen 1 (one) intersection that calculated the cost needs to be comparison reference for optimize the other intersection. The selected intersection is intersection number 8 in the cross section between Jl. Pasir Kaliki and Jl. Prof. Eikman. The cost need for optimization the intersection is Rp.6,037,932,000.00 for 80 days. Keywords: Setrasari District, intersection, geometric, traffict flow.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: R. Desutama RBP., S.T., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...