Path: Top > Journal Politeknik Negeri Bandung > Jurusan Administrasi Niaga > TATA NIAGA > Volume V Nomor 1 Juni 2005
Target Costing
Oleh : Helmi Yazid
Dibuat : 2012-06-22, dengan 0 file
Keyword : biaya produksi, biaya riset, biaya distribusi, biaya konversi
Target costing merupakan teknik penentuan biaya produk yang pertama kali digunakan/diterapkan di Jepang pada awal tahun 1970-an. Target costing adalah alat untuk mengurangi biaya tidak hanya pada tingkat produksi tetapi juga pada tingkat perencanaan product life cycles. Target costing dapat didefinisikan sebagai alat manajemen biaya untuk mengurangi biaya keseluruhan dari sebuah produk atas keseluruhan siklus kelangsungan perusahaannya dengan bantuan berbagai departemen antara lain departemen produksi, engineering, department research & development, marketing dan departmen akuntansii. Prinsip kunci target costing memberikan jalan untuk berpikir mengenai manajemen biaya yang sangat berbeda dari pendekatan manajemen biaya dan perencanaan laba tradisional, yaitu price-led costing, customer focus, focus on design of prodcuts and process, cross-functional teams, life cycle cost reduction dan value chain involvement. Komponen biaya target meliputi biaya produksi, biaya riset dan pengembangan, biaya distribusi dan biaya konversi. Pencapaian penentuan target cost didukung dan biaya konversi. Pencapaian penentuan target cost didukung dengan menggunakan alat manajemen yang lainnya seperti just-in-time (JIT), value engineering (VE), dan total quality control (TQC).
Deskripsi Alternatif :.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Editor: Idayu Gemalia