Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Motivasi Kerja Karyawan PT Bersama Zatta Jaya (Elcorps)

Analysis of Employee Work Motivation PT Bersama Zatta Jaya (Elcorps)

Tugas Akhir, 037 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-30 13:45:28
Oleh : Herlina Noer Amaliah - 175211041 (herlina.noer.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-30, dengan 4 file

Keyword : work motivation, hygiene factors, motivator factors
Subjek : motivasi kerja, faktor hygiene, faktor motivator

Industri fashion Muslim saat ini berpotensi besar dan berkembang di tingkat global karena semakin diminati dan menjadi produk yang menjanjikan untuk dipasarkan. Sehingga banyak perusahaan besar bahkan pengusaha kecil yang bergerak dibidang fashion Muslim. Dengan persaingan bisnis yang sangat kompetitif ini perusahaan harus mampu berinovasi untuk dapat bertahan dan bersaing. Hal utama yang harus perusahaan perhatikan adalah sumber daya manusia yang dimiliki. Masalah penelitian berupa keluhan perusahaan terhadap motivasi kerja karyawan pada PT. Bersama Zatta Jaya (Elcorps) yaitu engagement karyawan terhadap program pelatihan dan pengembangan kurang, sering terlambat masuk kerja, kinerja penjualan turun. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kondisi motivasi kerja karyawan PT Bersama Zatta Jaya (Elcorps) yang diukur menggunakan teori dua faktor dari Herzberg yaitu Hygiene Factors dan motivator factors. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pengumpulan data secara observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Data yang diperoleh sebanyak 115 karyawan. Hasil menunjukan bahwa sumber motivasi kerja dengan nilai rendah dan mendapat banyak keresahan dari karyawan adalah dimensi kebijakan perusahaan, gaji, pengakuan, kemajuan dan pengembangan. Saran yang diberikan kepada perusahaan adalah untuk melakukan keterbukaan dan transparansi kepada karyawan baik dalam pengambilan keputusan dan sosialisasi kebijakan. Melakukan pemetaan fungsi dan pedoman dasar promosi jabatan, memberikan reward kepada karyawan yang berprestasi, penempatan sesuai bidang keahlian, melaksanakan pengembangan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan, dilaksanakan diluar hari kerja, materi pengembangan yang sedang trend, pembicara yang expert dibidangnya dan mengadakan giveaway di instagaram learning untuk menarik para followers.

Deskripsi Alternatif :

The Muslim fashion industry is currently getting bigger and growing at the global level because it is decreasing and becoming a product that is expected to be marketed. So that many large companies and even small entrepreneurs engaged in Muslim fashion. Business competition is very competitive, companies must be able to innovate to survive and compete. The main thing that must be served by a company is its human resources. The research problem is in the form of company complaints against the work motivation of employees at PT. Together with Zatta Jaya (Elcorps), employee engagement with training and development programs is lacking, frequent late arrivals to work, decreased sales performance. The purpose of this research was to see the condition of the work motivation of PT Bersama Zatta Jaya (Elcorps) employees which was measured using the two-factor theory of Herzberg, namely Hygiene Factors and motivating factors. The research method used is descriptive analysis. Observation data collection, interviews and questionnaires. The sampling technique used was stratified random sampling. The data obtained were 115 employees. The results show that the source of work motivation with low scores and get a lot of anxiety from employees is the dimensions of company policy, salary, recognition, development and development. The advice given to companies is to conduct openness and transparency to employees who are good at making decisions and policies. Performing functions and new basic job promotions, giving awards to employees who excel, placement according to their areas of expertise, carrying out development and training according to employee needs, trending development materials, speakers who are experts in their fields and giving giveaways in learning institutions to attract followers.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Dra. Koernia Purwihartuti, M.Si., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...