Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Analisis Loyalitas Konsumen Tokopedia Setelah Masa Merger (Studi pada Konsumen Tokopedia di Kota Bandung)

Tokopedia Consumer Loyalty Analysis After the Merger (Study on Tokopedia Consumers in The City of Bandung)

Tugas Akhir, 011 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-18 12:16:38
Oleh : Ilham Nur Ramadan - 185211010 (ilham.nur.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-18, dengan 4 file

Keyword : Belanja online, Loyalitas Konsumen, Tokopedia
Subjek : Online Shopping, Consumer Loyalty, Tokopedia

Pada era milenial seperti saat ini, pengguna internet semakin meningkat di Indonesia. Hal tersebut memicu fenomena baru seperti belanja online, persaingan bagi platform belanja online pun sangat ketat. Tak terkecuali bagi Tokopedia yang pada tanggal 17 Mei 2021 melakukan merger dengan Gojek menjadi GoTo. Bersumber pada fenomena tersebut, maka rumusan masalah yang diuraikan yaitu bagaimana loyalitas konsumen Tokopedia setelah masa merger serta dimensi apa yang memiliki nilai mean tertinggi dan terendah pada variabel loyalitas konsumen Tokopedia di Kota Bandung, juga bertujuan untuk mengetahui kedua rumusan masalah yang telah diuraikan. Loyalitas konsumen merupakan perilaku dalam membeli produk atau layanan perusahaan disertai dengan aspek perasaaan yang menyertainya dan memiliki komitmen serta perilaku yang baik kepada perusahaan, juga bersedia merekomendasikan produk dan layanan perusahaan kepada keluarga, teman, atau konsumen yang lain secara sukarela. Kesetiaan konsumen dapat diukur melalui tiga dimensi, yaitu repeat purchase, retention, referall. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan besar sampel yang digunakan mencapai 180 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan menjelaskan bahwa loyalitas konsumen Tokopedia di Kota Bandung setelah masa merger sudah baik, hal tersebut ditinjau dari aspek repeat purchase dan referall konsumen yang bernilai baik serta dimensi repeat purchase menjadi dimensi dengan kategori paling tinggi karena memiliki nilai rata-rata yang besar. Namun dari aspek retention masih terbilang cukup dan menjadi dimensi dengan kategori paling rendah dikarenakan memiliki nilai rata-rata yang kecil dan mayoritas konsumen tidak mementingkan ketahanan terhadap pengaruh pemberitaan negatif mengenai perusahaan. Kata kunci: Belanja online, Loyalitas Konsumen, Tokopedia.

Deskripsi Alternatif :

In this millennial era, internet users are increasing in Indonesia. This triggers new phenomena such as shopping online, the competition for platforms shopping online is very tight. No exception for Tokopedia, which on May 17, 2021 merged with Gojek to become GoTo. Based on this phenomenon, the formulation of the problem described is how Tokopedia consumer loyalty after the merger period and what dimensions have the values mean highest and lowest on the Tokopedia consumer loyalty variable in Bandung, also aims to find out the two problem formulations that have been described. Consumer loyalty is a behavior in buying a company's products or services accompanied by the accompanying feeling aspect and having a commitment and good behavior to the company, also being willing to recommend the company's products and services to family, friends, or other consumers voluntarily. Consumer loyalty can be measured through three dimensions, namely repeat purchases, retention, referrals. The research method used is descriptive quantitative method and the sample size used is 180 respondents. Based on the results of the study, it was explained that Tokopedia consumer loyalty in Bandung City after the merger was good, this was seen from the aspect of repeat purchases and referrals consumer that had good value and the repeat purchase dimension became the dimension with the highest category because it had a large average value. However, from the aspect, it is retention still quite sufficient and becomes the dimension with the lowest category because it has a small average value and the majority of consumers are not concerned with resistance to the influence of negative news about the company. Keywords: Online Shopping, Consumer Loyalty, Tokopedia.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Ma’mun Sutisna, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Download...