Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021
Analisis Brand Awareness Pegadaian Pada Generasi Milenial di Kota Cirebon
Brand Awareness Analysis of Pegadaian on The Millennial Generation in Cirebon City
Tugas Akhir, 013 / 2021 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-18 12:26:51
Oleh : Ineke Aprillia Lestari - 185211012 (ineke.aprillia.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-18, dengan 4 file
Keyword : Kesadaran Merek, Pegadaian, Generasi Milenial, Kota Cirebon
Subjek : Brand Awareness, Pegadaian, Millennial Generation, Cirebon City
Pegadaian merupakan BUMN lembaga keuangan nonbank yang memiliki izin untuk menyalurkan dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai. Melihat data nasabah aktif produk Gadai, Pegadaian Cabang Cirebon khawatir karena didapat masih minimnya jumlah nasabah dari kalangan Milenial. Setelah melakukan wawancara dengan 30 orang Generasi Milenial Kota Cirebon, didapat hasil bahwa masih kurangnya pengetahuan dan pemahaman Generasi Milenial terhadap Pegadaian. Sedangkan produk Gadai adalah bisnis utama perusahaan Pegadaian. Dampaknya, apabila dengan rata-rata usia nasabah Gadai 44 tahun, tidak diregenerasikan atau diremajakan, keberlangsungan hidup perusahaan akan terancam. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan kepada Milenial melalui upaya pembentukan dan peningkatan kesadaran merek. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Brand Awareness Pegadaian pada Generasi Milenial di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Nonprobability Sampling dengan metode Convenience. Dalam menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan Formula Slovin dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data primer penelitian menggunakan kuesioner tertutup dan disebarkan dalam bentuk Google Form. Peneliti menganalisis data tersebut sehingga dapat ditarik kesimpulan dengan metode analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh Brand Awareness Pegadaian pada Generasi Milenial di Kota Cirebon memiliki jawaban beragam masuk ke dalam kategori Baik. Dimensi tertinggi yaitu Brand Recall, yang berarti Generasi Milenial Kota Cirebon mampu mengingat kembali merek Pegadaian dengan Baik. Sedangkan dimensi terendah yaitu Top of Mind, yang berarti Pegadaian Cukup Baik menjadi pilihan utama dan muncul pertama kali dalam benak Generasi Milenial Kota Cirebon.
Deskripsi Alternatif :Pegadaian is a state-owned non-bank financial institution that has a license to channel funds to the public on the basis of the pawn law. Looking at the data on active customers for Pawn products, the Cirebon Branch Pegadaian is worried because there is still a small number of customers from the Millennials. After conducting interviews with 30 people of the Millennial Generation of Cirebon City, it was found that there is still a lack of knowledge and understanding of the Millennial Generation towards Pegadaian. Meanwhile, Pawn products are the main business of the Pegadaian company. As a result, if the average age of Pawn customers is 44 years, they are not regenerated or rejuvenated, the survival of the company will be threatened. Therefore, an approach to Millennials is needed through efforts to establish and increase brand awareness. The purpose of this research is to find out how the Brand Awareness of Pegadaian in the Millennial Generation in Cirebon City. This research uses descriptive quantitative research method. The technique used in sampling is Nonprobability Sampling with the Convenience method. In determining the number of samples, researchers used the Slovin Formula with a sample of 100 people. The technique used in the primary data collection of the study was a closed questionnaire and distributed in the form of a Google Form. Researchers analyzed the data so that conclusions can be drawn using descriptive statistical analysis methods. Based on the results of descriptive statistical analysis, Pegadaian's Brand Awareness of the Millennial Generation in Cirebon City has various answers that fall into the Good category. The highest dimension is Brand Recall, which means that the Millennial Generation of Cirebon City is able to recall the Pegadaian brand well. While the lowest dimension is Top of Mind, which means Pegadaian Good Enough is the first choice and first appears in the minds of the Millennial Generation of Cirebon City.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Sri Surjani Tjahjawati, M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 185211012.pdf
(788800 bytes)
File : BAB 1 - 185211012.pdf
(824938 bytes)
File : BAB 2 - 185211012.pdf
(1035382 bytes)
File : BAB 5 - 185211012.pdf
(696449 bytes)