Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Brand Image pada Laptop Merek Acer (Studi pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung)

Brand Image Analysis of Acer Laptop Brand (Study in Bandung State Polytechnic's College Student)

Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-31 10:49:31
Oleh : Ingka Fitria Maysarah - 175211044 (ingkafitria@gmail.com)
Dibuat : 2022-03-31, dengan 4 file

Keyword : brand image, laptop product, Acer

Munculnya laptop mencerminkan adanya inovasi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di bidangnya. Kehadiran laptop pun mendukung mobilitas penggunanya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah melengkapi kegiatan seorang mahasiswa, termasuk mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Salah satu merek laptop populer di Indonesia adalah laptop Acer. Berdasarkan data pada International Data Corp, pada tahun 2018 hingga tahun 2019 laptop merek Acer mengalami penurunan volume penjualan dan penurunan pangsa pasar yang cukup signifikan. Selain itu, pada tahun 2019 laptop merek Acer tidak menjadi 3 besar merek yang difavoritkan generasi milenial dalam penghargaan Millenial's Top Brand Award. Berdasarkan hasil pra-survei menyatakan mahasiswa Politeknik Negeri Bandung pengguna laptop Acer masih merasakan berbagai keluhan mengenai laptop Acer yang digunakannya. Berdasarkan fenomena tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui brand image pada laptop merek Acer dan untuk mengetahui indikator yang paling berperan untuk membentuk citra merek laptop merek Acer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan melibatkan 100 responden pengguna laptop merek Acer di Politeknik Negeri Bandung. Data primer didapatkan dari hasil pengisian kuesioner oleh responden dan data sekunder didapatkan dari studi literatur. Berdasarkan hasil analisis, brand image pada laptop merek Acer dalam penelitian ini berada pada tingkat yang “tinggi” dengan nilai rata-rata variabel 3,80. Indikator kemudahan mendapatkan produk adalah indikator yang paling berperan untuk membentuk citra merek laptop Acer dengan nilai rata-rata 4,08, sedangkan indikator inovasi dengan nilai rata-rata 3,35 dan indikator pengenalan produk dengan nilai rata-rata 3,40 adalah indikator yang memerlukan perbaikan dan evaluasi lebih lanjut karena memiliki tingkat yang "cukup"

Deskripsi Alternatif :

The emergence of laptops reflects the innovations made by companies in their fields. The presence of laptops also supports the mobility of its users to carry out daily activities. One of them is to complement the activities of a student, including Bandung State Polytechnic students. One of the popular laptop brands in Indonesia is the Acer laptop. Based on data from International Data Corp, from 2018 to 2019 Acer brand laptops experienced a significant decrease in sales volume and a significant decrease in market share. In addition, in 2019 the Acer brand laptop was not the top 3 favorite brands for millennials in the Millennial's Top Brand Award. Based on the pre-survey results, it was stated that Bandung State Polytechnic students who used Acer laptops still felt various complaints about the Acer laptop they used. Based on this phenomenon, a study was conducted that aims to determine how is the brand image on Acer brand laptops and to determine the most important indicator to shape the brand image of the Acer brand laptop. This research use a quantitative study with descriptive analysis method and involving 100 respondents who use Acer brand laptops at Bandung State Polytechnic. Primary data is obtained from filling out questionnaires by respondents and secondary data is obtained from literature studies. Based on the analysis, the brand image of the Acer brand laptop in this study is at a "high" level with a variable average value of 3.80. The ease of getting a product indicator is the most important indicator for shaping the brand image of Acer laptops with an average value of 4.08, while the innovation indicator with an average value of 3.35 and the product recognition indicator with an average value of 3.40 are indicators that requires improvement and further evaluation because it has a "sufficient" level.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Mukaram, S.E., M.Ed.M., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...