Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2013

Analisis Motivasi Wisatawan Berkunjung ke Kolam Air Hangat Puncak Darajat

Analysis of Tourist Motivation To Visit Hot Water Pool Puncak Darajat

Tugas Akhir, 028 / 2013 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-03-29 12:41:11
Oleh : Insan Pamela Muttaqin - 105221015 (insan.pamela@gmail.com)
Dibuat : 2017-03-29, dengan 4 file

Keyword : Motivasi wisatawan, motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi interpersonal, motivasi prestige
Subjek : tourist motivation, physical motivation, cultural motivation, interpersonal motivation, prestige motivation

Puncak Darajat berlokasi di Jl. Raya Darajat KM 25 Pasirwangi, Kabupaten Garut. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas waterboom, bungalow, dan outbound. Penelitian yang berjudul "Analisis Motivasi Wisatawan Berkunjung ke Kolam Air Hangat Puncak Darajat" ini bertujuan untuk mengetahui motivasi wisatawan yang berkunjung ke Darajat. Menurut MC Intosh dalam Zhang (2006) motivasi wisatawan dibagi menjadi 4 yaitu motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi interpersonal, dan motivasi prestige. Dalam penelitian ini digunakan kuisioner sebagai alat pengukuran yang mengacu pada teori yang dikemukakan oleh MC Intosh. Kuisioner terdiri dari dua bagian. Bagian pertama memuat data diri responden, sedangkan bagian kedua berisi pernyataan tentang motivasi kunjungan wisatawan. Melalui metode penelitian analisis deskriptif ini akan terlihat motivasi apa yang paling mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke Puncak Darajat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi budaya berupa pemandangan alam yang paling memotivasi wisatawan untuk berkunjung ke Puncak Darajat dengan rata-rata tanggapan 4,27. Secara keseluruhan wisatawan termotivasi untuk mengunjungi kolam air hangat Puncak Darajat dengan rata-rata tanggapan 3,81. motivasi budaya berupa kerajinan/cinderamata khas daerah kurang memotivasi wisatawan untuk berkunjung. Hal ini disebabkan karena tidak disediakannya tempat oleh-oleh oleh pihak Puncak Darajat. Cinderamata khas daerah juga dapat menjadi sebuah motivasi tersendiri bafi wisatawan yang berkunjung terutama yang berasal dari luar daerah. Jika ditambahkan fasilitas berupa toko oleh-oleh yang menyediakan cinderamata khas daerah akan lebih baik karena dapat memotivasi wisatawan dari luar untuk berkunjung. Kata kunci: Motivasi wisatawan, motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi interpersonal, motivasi prestige.

Deskripsi Alternatif :

Puncak Darajat is located at Jl. Raya Darajat KM 25 Pasirwangi, Kabupaten Garut. It is equipped with facilities waterboom, bungalows, and outbound. The study, entitled "Analysis of Tourist Motivation to Visit Warm Water Pool Puncak Darajat" aims to determine the motivations of tourists visiting Darajat. According to MC Intosh in Zhang (2006) is divided into 4 tourist motivation is motivation physical, cultural motivation, interpersonal motivation, and motivation prestige. This study used a questionnaire as a tool of measurement that refers to the theory proposed by MC Intosh. Questionnaire consisted of two parts. The first section contains personal data of respondents, while the second part contains a statement about the motivation of tourists visit. Through descriptive analysis research methods will be visible motivation affects what most tourists to visit the Puncak Darajat. The results showed that motivation in the form of cultural landscapes that most motivate tourists to visit the Puncak Darajat with an average of 4.27 responses. Overall rating motivated to visit the warm water pool Puncak Darajat with an average response of 3.81. cultural motivations such as crafts / souvenirs typical of the region is less motivating tourists to visit. This is because the provision does not place a souvenir by the Puncak Darajat. Typical local souvenirs can also be a separate motivation bafi visiting tourists, especially those from outside the area. If the added facilities such as souvenir shops that provide unique souvenir area would be better because it can motivate tourists from outside to visit. Keyword: tourist motivation, physical motivation, cultural motivation, interpersonal motivation, prestige motivation.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Santosa Sanjaya, M.M.S., Editor: Erlin Arvelina

Download...