Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2017 > REGULER

Analisis Kualitas Pelayanan Program Kemitraan Di Unit Community Development Center PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung

Analysis of Service Quality of Partnertship Program In Community Development Center Unit PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung)

Tugas Akhir, 048 / 2017 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-02-23 08:25:33
Oleh : Intan Kusuma Wardhani - 145211049 (Intanwardhani96@gmail.com)
Dibuat : 2018-01-26, dengan 4 file

Keyword : Community Development Center, kualitas pelayanan, program kemitraan
Subjek : Community Development Center, Partnership Program, Service Quality

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk merupakan salah satu BUMN di Indonesia yang menyelenggarakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Unit yang bertanggung jawab dalam pengelolaan PKBL di PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk adalah Community Development Center (CDC). Unit CDC di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung hanya menjalankan Program Kemitraan yang memiliki tugas memberikan pinjaman kepada usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri. Kualitas pelayanan merupakan hal yang penting dalam melayani agar mitra binaan tersebut merasa puas. Namun, kualitas pelayanan di unit CDC masih kurang baik karena masih banyak keluhan dari mitra binaan. Untuk itu, penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan pada unit CDC dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Skala instrumen yang digunakan yaitu skala Likert dan metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan pada unit CDC PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung sudah baik. Namun demikian, masih ada yang perlu diperbaiki seperti lokasi yang sulit ditemukan oleh mitra binaan, seringnya datang terlambat dan istirahat melebihi batas waktu, tidak bisa menepati kesepakatan sesuai dengan pengajuan pinjaman dana, pengarahan kepada mitra untuk mengisi prosedur persyaratan peminjaman dana kurang jelas, dan terdapat beberapa kesalahan petugas dalam menjaga kerahasiaan data.

Deskripsi Alternatif :

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk is one of the BUMN in Indonesia that organizes Partnership Program and Community Development (PKBL). The unit responsible for the management of PKBL in PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk is the Community Development Center (CDC) unit. Partnership Program aims to improve the ability of small businesses to be strong and independent. The institution put the service quality be considered. But the service quality be a question after they get many complaints by many customers. In this research, discussed the service quality at the CDC unit using a questionnaire as a tool used to measure the phenomenon spread to 100 respondents. Scale instruments used is a Likert scale and methods of analysis used is descriptive analysis. Results from this research that the service quality at the CDC unit PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung is good. However, there are still things that need to be improved, such as the locations hard to find by the assisted partners, often arriving late and breaking the deadline, failing to keep the agreement in accordance with the loan application, the briefing to the partner to fill the lending requirements of the loan fund less clear, and Some officer error in maintaining data confidentiality.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Maya Setiawardani, M.Pd., Editor: Mahasiswa Kompen

Download...