Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020
Analisis Tingkat Kepercayaan Konsumen Generasi Z dalam Pembelian Produk Fashion Secara Online (Studi pada Konsumen Berbasis Media Sosial Instagram di Kota Bandung)
Analysis of Z Generations Consumer's Trust Level in Purchasing Online Fashion Product (Study on Instagram Social Media) Based Consumers in Bandung)
Tugas Akhir, 041 / 2020 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-31 10:54:26
Oleh : Izma Suciati - 175211045 (izma.suciati.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-31, dengan 4 file
Keyword : E-Trust, E-Commerce, Z Generation
Subjek : Kepercayaan online, E-Commerce, Generasi Z
Kegunaan media sosial saat ini dapat digunakan sebagai media untuk melakukan kegiatan bisnis atau e-commerce . Salah satu media sosial yang populer adalah Instagram. Pada tahun 2019 demografi pengguna Instagram di Indonesia didominasi oleh generasi Z. Saat ini toko online yang ada di media sosial Instagram sangat beragam jenisnya, dan salah satunya adalah sektor fashion. Toko online fashion di media sosial Instagram menjadi salah satu pilihan konsumen genera si Z dalam membeli produk fashion. Namun, sayangnya dibalik kemudahan penggunaan media sosial sebagai media kegiatan bisnis masih terdapat tindakan kejahatan atau penipuan dari kegiatan jual beli tersebut, menurut data kepolisian pada patrolisiber.id Januari 2020, kasus penipuan tertinggi terdapat pada toko online media sosial Instagram. Akibatnya, kepercayaan konsumen generasi Z terhadap toko online di media sosial Instagram dapat menurun, hal tersebut didapat berdasarkan hasil pra survei yang dilakukan bahwa sebanyak 79% dari 34 responden memiliki keraguan untuk melakukan transaksi di toko online media sosial Instagram. Padahal, faktor kepercayaan merupakan faktor penting dalam transaksi online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepercayaan konsumen generasi Z dalam pembelian produk fashion secara online di media sosial Instagram. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 100 responden, menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan pengolahan data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 26.0. Responden pada penelitian ini adalah konsumen generasi Z yang pernah melakukan pembelian produk fashion di toko online media sosial Instagram. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari pengisian kuesioner, survei dan hasil wawancara tidak terstruktur. Sedangkan data sekunder berasal dari studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan konsumen generasi Z dalam pembelian produk fashion secara online di media sosial Instagram berada pada kategori sedang. Dimensi tertinggi pada penelitian ini adalah dimensi integrity (integritas) dan dimensi terendah adalah dimensi ability (kemampuan).
Deskripsi Alternatif :The use of social media today can be used as a medium for conducting business or e-commerce activities. One of the popular social media is Instagram. In 2019, the demographics of Instagram users in Indonesia were dominated by generation Z Currently, there are various types of online shops on Instagram's social media, and one of them is the fashion sector. Online fashion stores on social media Instagram are one of the choices for consumers Z in buying fashion products. However, taking advantage of the use of social media as a medium for business activities, there are still criminal acts or frauds from these buying and selling activities, according to police data on patrolisiber.id January 2020, the highest cases were on the online social media store Instagram. As a result, consumer generation Z trust when purchasing fashion product in online stores on Instagram social media can decrease, this is obtained based on the results of a pre-survey conducted that as many as 79% of 34 respondents had doubts about making transactions at the Instagram social media online store. In fact, the trust factor is an important factor in online transactions. The study was conducted to see the level of consumer generation Z trust in purchasing fashion products online on Instagram social media. The number of respondents in this study was 100 respondents, using quantitative descriptive methods and data processing using the IBM SPSS Statistics 26.0 application. Respondents in this study were generation Z consumers who had purchased fashion products at the Instagram social online media store before. Primary data in this study were obtained from filling out questionnaires, surveys and unstructured interviews. Meanwhile, secondary data comes from literature studies. The results showed that the level of consumer generation Z trust in purchasing fashion products online on Instagram social media in the medium category. The highest dimension in this study is the dimension of integrity and the lowest dimension is the dimension of ability.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 175211045.pdf
(1651738 bytes)
File : BAB 1 - 175211045.pdf
(840422 bytes)
File : BAB 2 - 175211045.pdf
(334630 bytes)
File : BAB 5 - 175211045.pdf
(143177 bytes)