Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Elemen Elemen Ekuitas Merek Teh Botol Sosro (Studi Pada Konsumen Teh Botol Sosro di Bandung)

Analysis of Brand Equity’S Elements of Teh Botol Sosro (Study On Consumers Teh Botol Sosro in Bandung)

Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-31 11:03:47
Oleh : Juliana Zakiah - 175211046 (julianazakiah99@gmail.com )
Dibuat : 2022-03-31, dengan 4 file

Keyword : Brand equity, brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty.
Subjek : Ekuitas merek, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek.

Saat ini ada banyak produk minuman teh dalam kemasan yang beredar di Indonesia dengan berbagai macam jenis dan varian rasa, namun hanya merek yang memiliki nilai yang tinggi yang selalu menjadi pilihan bagi konsumen. Semakin kuat suatu merek, maka semakin banyak orang yang akan memilih merek tersebut. Merek yang kuat akan memiliki ekuitas merek yang kuat pula. Teh Botol Sosro merupakan pelopor produk minuman teh dalam kemasan di Indonesia yang selalu mendapatkan market share terbesar di Indonesia dan menduduki peringkat pertama dalam Top Brand Index kategori minuman teh dalam kemasan. Namun dalam lima tahun terakhir persentase market share Teh Botol Sosro semakin menurun, bahkan Top Brand Index Teh Botol Sosro dikalahkan oleh merek pesaing. Hal ini telah mengindikasikan telah terjadi perubahan kondisi ekuitas merek Teh Botol Sosro. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai kondisi elemen-elemen ekuitas merek Teh Botol Sosro di Bandung dan mengetahui dimensi ekuitas merek yang memiliki nilai tertinggi dan terendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seratus orang dengan teknik penentuan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner (angket). Penyajian data dilakukan menggunakan perhitungan mean, standar deviasi, nilai maksimum dan nilai minimum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi elemen-elemen ekuitas merek Teh Botol Sosro berada dalam kategori baik dengan nilai mean tertinggi dimiliki oleh dimensi brand association yang termasuk dalam kategori baik dan nilai mean terendah dimiliki oleh dimensi brand loyalty yang termasuk dalam kategori cukup baik.

Deskripsi Alternatif :

Currently there are many packaged tea beverage products circulating in Indonesia with various types and flavors, but only brands that have high value that consumer choose. The stronger a brand, the more people will choose the brand. A strong brand will have strong brand equity as well. Teh Botol Sosro is the pioneer of packaged tea beverage products in Indonesia which always gets the largest market share in Indonesia and ranks first in the Top Brand Index of the packaged tea drink category. However, in the last five years, the market share of Teh Botol Sosro has decreased and even the Top Brand Index of Teh Botol Sosro has been defeated by competing brands. This indicates that there has been a change in the equity condition of the Teh Botol Sosro brand. This research was conducted to find out more about the condition of the brand equity elements of Teh Botol Sosro in Bandung and to know the dimensions of brand equity which have the highest and lowest values. The research method used is descriptive analysis method with a quantitative approach. The number of samples in this study were one hundred people with purposive sampling technique to determining the sample. The data collection technique used a questionnaire. Data is presented using the calculation of the mean, standard deviation, maximum and minimum value. The results showed that the condition of the brand equity elements of Teh Botol Sosro was in good category with the highest mean value was owned by the dimension of brand association which included in the good category and the lowest mean value was owned by the dimension of brand loyalty which in the fairly good category.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ermina Tiorida, S.E., M.Si., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...