Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020
Pengaruh Media Sosial Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Pada Masa Pandemik Covid19
The Impact Of Social Media On Consumer's Online Purchase Decision-Making During Pandemic Covid19
Skripsi, 006 / 2020 / BAUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2021-05-25 09:55:55
Oleh : Julia Siti Afnia Putri - 165254011 (julia.siti.abs416@polban.ac.id)
Dibuat : 2021-05-25, dengan 4 file
Keyword : Belanja Online, media sosial, proses pengambilan keputusan pembelian online
Subjek : online shopping, social media, process of making purchases online
Transaksi belanja online di Indonesia meningkat seiring dengan peningkatan dalam jumlah penggunaan internet dan pengguna media sosial. Semakin banyaknya pengguna media sosial termasuk brand-brand ternama yang mulai menjadikan media sosial sebagai media pemasaran membuat banyak konsumen yang menggunakan media sosial baik untuk mencari informasi mengenai suatu produk atau jasa maupun saat melakukan pembelian. Orang-orang semakin menyukai belanja online dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dengan berbelanja online khususnya pada masa pandemik Covid19 yang menmbuat orang-orang disarankan untuk melakukan karantina mandiri di rumah. Akan tetapi, belum diketahui dengan jelas bagaimana media sosial memengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian secara online. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial memengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian secara online. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 168 pengguna media sosial dan yang pernah atau sering melakukan pembelian secara online selama masa pandemik Covid19. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap setiap tahapan dalam proses pengambilan keputusan pembelian online. Dimensi media sosial pada penelitian ini mampu menjelaskan proses pengambilan keputusan pembelian online sebesar 59,4%. Kata kunci: Belanja Online, media sosial, proses pengambilan keputusan pembelian online.
Deskripsi Alternatif :Online shopping transactions in Indonesia are increasing along with the increase in the number of internet usage and social media users. The increasing number of social media users, including well-known brands, are starting to use social media as a marketing tool, which has led many consumers to use social media both to find information about a product or service or when making purchases. The more people like to do online shopping as it gives many benefits obtained through online shopping, especially during the Covid19 pandemic, which made people asked to self-quarantine at home. However, it is not clear how the media influence consumers in the process of making purchases online. Therefore, this study aims to analyze how social media influences the online decision-making process. Primary data was obtained by using questionnaires to 168 social media users and had or frequently made online purchases during the pandemic Covid19. Sampling is taken by using purposive sampling technique. The data in this study were analyzed using simple linear regression analysis. The results showed that social media had a significant and positive impact on each stage in the online purchasing decision making process. The social media dimension in this study is able to explain the online purchasing decision making process by 59.4%. Keywords: online shopping, social media, process of making purchases online.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Drs. Mamun Sutisna, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 165254011.pdf
(2616825 bytes)
File : BAB 1 - 165254011.pdf
(1336009 bytes)
File : BAB 2 - 165254011.pdf
(202647 bytes)
File : BAB 5 - 165254011.pdf
(821959 bytes)